PUTI INTANNIA NURDI, . (2024) PENGARUH BELAJAR MANDIRI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
Abstract
**************ABSTRAK*********** Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar mandiri mahasiswa dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Jepang. Keterampilan berbicara dalam bahasa Jepang ini adalah hasil belajar mata kuliah Kaiwa I tahun akademik 2023/2024. Skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan angket dalam mengumpulkan data. Angket tersebut berkriteria ciri-ciri belajar mandiri berdasarkan teori Mujiman (2006:14-16). Ciri-ciri mandiri yang disampaikan Mujiman adalah memiliki tujuan belajar, terdapat sumber dan media belajar, dapat belajar di mana pun, dapat belajar kapan pun, menentukan tempo belajar, memiliki cara belajar sendiri, mengevaluasi hasil belajarnya dan dapat merefleksikan diri. Responden angket tersebut adalah mahasiswa semester satu tahun akademik 2023/2024 yang mengambil mata kuliah Kaiwa I di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni UNJ. Hasil angket menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa semester satu melakukan belajar mandiri dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Jepang di luar perkuliahan Kaiwa I. Tujuan belajar mandiri yang paling banyak dimiliki mahasiswa yaitu agar mendapatkan nilai yang baik pada tugas dan ujian mata kuliah Kaiwa I. Sumber dan media belajar yang digunakan mahasiwa untuk belajar mandiri adalah Anime. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan media hiburan yang mereka gunakan untuk juga digunakan sebagai media belajar mandiri. Hal tersebut didukung dengan kemajuan teknologi yang memudahkan mahasiswa dalam menemukan berbagai sumber belajar yang tidak didapatkan ketika pembelajaran di kelas. Lokasi belajar mandiri yang paling banyak digunakan mahasiswa adalah tempat tinggal seperti rumah dan kosan. Waktu belajar mandiri yang paling banyak digunakan mahasiswa yaitu waktu luang. Tempo dan intensitas belajar mandiri yang paling banyak diterapkan mahasiswa yaitu setiap hari. Cara belajar mandiri yang paling banyak digunakan mahasiswa yaitu melatih pelafalan melalui dialog anime, dorama, dan film Jepang. Evaluasi belajar yang paling banyak digunakan mahasiswa yaitu dengan mengevaluasi belajarnya sendiri dengan menggunakan perangkas tes yang ada di internet dan refleksi diri yang paling banyak adalah mahasiwa sudah merasa efektif dengan proses belajar mandiri yang diterapkannya. *****ABSTRACT******** This thesis aims to determine the effect of students self directed learning in practicing Japanese speaking skills. These Japanese speaking skills are the learning outcomes of the Kaiwa I course in the 2023/2024 academic year. This thesis uses a qualitative descriptive method and uses a questionnaire to collect data. The questionnaire criteria the characteristics of self directed learning based on the theory of Mujiman (2006: 14-16). The characteristics of self directed learning conveyed by Mujiman are having learning goals, there are learning sources and media, can learn anywhere, can learn anytime, determine the tempo of learning, have their own learning methods, evaluate their learning outcomes and can reflect on themselves. The respondents of the questionnaire were first semester students of the 2023/2024 academic year who took the Kaiwa I course at the Japanese Language Education Study Program, Faculty of Language and Arts, UNJ. The questionnaire results show that most first semester students do self directed learning in practicing Japanese speaking skills outside of Kaiwa I lectures. The purpose of self directed learning that most students have is to get good grades on Kaiwa I assignments and exams. The learning resources and media that students use are Anime. Students can also utilize the entertainment media they use to also be used as a medium for self directed learning. This is supported by technological advances that make it easier for students to find various learning resources that are not obtained during classroom learning. The location of self directed learning that is most widely used by students is places of residence such as homes and boarding houses. The time that most students use is free time. The tempo and intensity that most students apply is every day. The method that most students use is practicing pronunciation through Anime, Dorama, and Japanese films dialogues. The evaluation of learning that most students use is by evaluating their own learning by using test trimmers on the internet and the most self-reflection is that students already feel effective with the seld directed learning process they apply.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. ; 2) Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 21678 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 01:40 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 01:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45105 |
Actions (login required)
View Item |