MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO ANIMASI DORATOON : PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA

AMALIA ANGGRAINI PUTRI, . (2024) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS VIDEO ANIMASI DORATOON : PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Amalia Anggraini Putri: Model Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Doratoon (Penelitian Pengembangan di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. *****ABSTRAK****** Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa arab untuk siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta Video Animasi Daratoon sebagai sumber belajar alternatif untuk siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada satu orang guru bahasa arab untuk analisis kebutuhan guru, kuesioner kepada 22 siswa untuk analisis kebutuhan siswa dan respon siswa terhadap media pembelajaran serta evaluasi media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan kesimpulan data penelitian, peneliti memperoleh: 1) Hasil analisis kebutuhan guru yang diperoleh melalui teknik wawancara menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab dan membutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa Arab. Analisis kebutuhan siswa dari 22 siswa menunjukkan bahwa 68,2% siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab, dan 100% siswa setuju dengan pengembangan video animasi berbasis Doratoon untuk pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis Doratoon. 2( Mendesain materi pendidikan yang sesuai keterampilan dasar dan tujuan pembelajaran dengan menyususun ide-ide yang akan dibuat menggunakan Doratoon. 3) Mengembangan materi pendidikan menjadi video animasi dengan teknologi Doratoon. Pengembangan materi pendidikan dengan mengubah teks yang terdapat dalam buku menjadi teks animasi menggunakan audio sebagai sumber belajar tambahan selain buku sekolah Muhammadiyah. 4) Implementasi yaitu dengan melakukan uji lapangan langsung di kelas 9 SMP Muhammadiyah 3 Jakarta terhadap 22 siswa. 5) Evaluasi media pembelajaran dapat diperiksa oleh ahli materi dan ahli media. Hasil evaluasi ahli materi mendapat kategori "sangat baik" dengan persentase sebesar 87,1%, dan hasil ahli media mendapat kategori "sangat baik" dengan persentase sebesar 96,4%. Dengan demikian, ini dianggap sebagai sarana pendidikan yang tepat dalam belajar bahasa Arab. Kata Kunci: Media pembelajaran, Video Animasi, Doratoon, Pembelajaran bahasa Arab Amalia Anggraini Putri: Arabic Learning Media Model Based On Daratoon (Research Development In Smp Muhammadiyah 3 Jakarta). Thesis. Jakarta: Arabic Language Education Study Programme. Faculty Of Languages and Arts State University of Jakarta. *****ABSTRACT****** This study aims to develop Arabic learning media for students of Grade IX in SMP Muhammadiyah 3 Jakarta Daratoon Animation Video as an alternative learning resource for students of Grade IX in SMP Muhammadiyah 3 Jakarta in learning Arabic. The method used in this research is the Research and Development (R&D) development research method with the ADDIE model which consists of five stages, namely: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Data collection techniques were carried out by interviewing one Arabic teacher for teacher needs analysis, questionnaires to 22 students for analysing student needs and student responses to learning media and evaluation of learning media by media experts and material experts. Based on the conclusion of the research data, the researcher obtained: 1) The results of the teacher needs analysis obtained through interview techniques show that students have difficulty in learning Arabic and need interesting learning media to facilitate Arabic language learning. Analysis of student needs from 22 students showed that 68.2% of students had difficulty in learning Arabic, and 100% of students agreed with the development of Doratoon-based animated videos for Arabic language learning. Therefore, it is important to develop Doratoon-based learning media. 2) Designing educational materials that match basic skills and learning objectives by organizing ideas that will be created using Doratoon. 3) Developing educational materials into animated videos with Doratoon technology. Development of educational materials by converting the text contained in the book into animated text using audio as an additional learning resource besides Muhammadiyah school books. 4) Implementation, namely by conducting direct field tests in grade 9 of SMP Muhammadiyah 3 Jakarta on 22 students. 5) Evaluation of learning media can be checked by material experts and media experts. The results of the material expert evaluation received a "very good" category with a percentage of 87,1%, and the results of the media expert received a "very good" category with a percentage of 96,4%. Thus, it is considered an appropriate educational tool in learning Arabic. Keywords: Learning Media, Animated Video, Doratoon, Arabic Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Romdani, M.Pd ; 2) Andri Ilham,S.S. M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 21278 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:21
Last Modified: 01 Mar 2024 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45191

Actions (login required)

View Item View Item