PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ARTICULATE STORYLINE” UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA

ANISA HANDAYANI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ARTICULATE STORYLINE” UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Articulate Storyline untuk pembelajaran keterampilan membaca Bahasa arab yang interaktif, efektif dan menyenangkan pada siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). Dalam penelitian ini, terdapat lima tahapan dalam model ADDIE, yaitu: (1) Analisis kebutuhan peserta didik kelas IX dan guru Bahasa Arab SMP Muhammadiyah 5 Jakarta terhadap media pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab menggunakan Articulate Storyline (2) Mendesain produk, (3) Pengembangan produk melalui penilaian dari ahli materi dan ahli media, (4) Implementasi produk kepada peserta didik, (5) Mengevaluasi produk melalui angket yang diberikan kepada peserta didik kelas IX dan guru bahasa arab di SMP Muhammadiyah 5 Jakarta. Pada penelitian ini peneliti mengembangkan Articulate Storyline untuk keterampilan membaca bahasa arab, yang terdiri dari 2 bab materi pelajaran, yaitu materi bab tahun baru islam 1 dan tahun baru islam 2. Dalam masing-masing bab terdiri dari 3 fitur pembelajaran yang dapat digunakan yaitu kosa kata, video pembelajaran, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menganalisis kebutuhan 22 (69%) siswa masih merasa kesulitan dalam mengucapkan huruf hijaiyah. 26 (81%) siswa membutuhkan media yang dapat memberikan contoh suara bacaan teks bahasa arab untuk memandu siswa sebelum membaca teks bahasa arab. Dan perancangan media Articulate Storyline, untuk memenuhi kebutuhan dan permasalahan yang ada dalam pengembangan media Articulate Storylinr dalam pembelajaran bahasa arab. Pengembangan produk dilakukan dengan memberikan evaluasi desain produk. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Dr. Puty Zulharby, M.Pd) Media ini mendapatkan nilai sebesar 92% dan masuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Penilaian ahli media (Ustadz Ikhwan Rahman Bahtiar, M.Pd) mendapatkan nilai sebesar 91% dan masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Pada tahap Implementasi diikuti oleh 30 siswa. Pada tahap evaluasi memperoleh skor penilaian siswa sebesar 92%, dan hasil ini termasuk ke dalam kategori “sangat layak”. Penilaian evaluasi guru sebesar 98%, dan hasil ini termasuk ke dalam kategori “Sangat layak”. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline untuk keterampilan membaca bahasa arab di SMP Muhammadiyah 5 Jakarta sudah tepat. This study aims to develop Articulate Storyline learning media for learning Arabic reading skills that are interactive, effective and fun for 9th grade students at Muhammadiyah 5 Jakarta Junior High School. The method used in this research is Research and Development (R&D) method with ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). In this study, there are five stages in the ADDIE model, namely: (1) Analyzing the needs of grade 9 students and Arabic language teachers of Muhammadiyah 5 Jakarta Junior High School for learning media for Arabic reading skills using Articulate Storyline (2) Designing the product, (3) Product development through assessment from material experts and media experts, (4) Product implementation to students, (5) Evaluating the product through questionnaires given to grade 9 students at Muhammadiyah 5 Jakarta Junior High School. In this study researchers developed Articulate Storyline for Arabic reading skills, which consists of 2 chapters of subject matter, namely Islamic New Year 1 and Islamic New Year 2. In each chapter consists of 3 learning features that can be used, namely vocabulary, learning videos, and evaluation. The results of this study analyzed the needs of 22 (69%) students still find it difficult to pronounce hijaiyah letters. 26 (81%) students need media that can provide sound examples of reading Arabic text to guide students before reading Arabic text. And the design of Articulate Storyline media, to meet the needs and problems that exist in the development of Articulate Storylinr media in Arabic language learning. Product development is carried out by providing product design evaluation. Product assessment was carried out by material experts (Dr. Puty Zulharby, M.Pd) This media received a score of 92% and fell into the "Very Feasible" category. The media expert assessment (Ustadz Ikhwan Rahman Bahtiar, M.Pd) received a score of 91% and fell into the "Very Feasible" category. The implementation stage was attended by 30 students. At the evaluation stage, the student assessment score was 92%, and this result was included in the "very feasible" category. The teacher evaluation score is 98%, and this result is included in the "Very feasible" category. Therefore, the use of Articulate Storyline learning media for Arabic reading skills at SMP Muhammadiyah 5 Jakarta is appropriate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Shafruddin Tajuddin, M. A 2) Ahmad Marzuq, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Anisa Handayani .
Date Deposited: 29 Apr 2024 01:13
Last Modified: 29 Apr 2024 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45316

Actions (login required)

View Item View Item