PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BUMIJO.ID TERHADAP SIKAP FOLLOWERS DALAM MENGURANGI SAMPAH KEMASAN MELALUI PENGGUNAAN WADAH MAKAN DAN MINUM GUNA ULANG (SURVEI PADA KONTEN “JAJAN TANPA NYAMPAH” 25 AGUSTUS 2023)

TASYA INDAH FIRDAUSI, . (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @BUMIJO.ID TERHADAP SIKAP FOLLOWERS DALAM MENGURANGI SAMPAH KEMASAN MELALUI PENGGUNAAN WADAH MAKAN DAN MINUM GUNA ULANG (SURVEI PADA KONTEN “JAJAN TANPA NYAMPAH” 25 AGUSTUS 2023). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial sebagai media massa mampu menyuarakan isu lingkungan melalui penerapan gaya hidup berkelanjutan. Pada akun Instagram @bumijo.id terdapat konten “Jajan Tanpa Nyampah” mengenai penggunaan wadah makan dan minum guna ulang untuk mengurangi sampah kemasan sekali pakai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram @bumijo.id terhadap sikap followers dalam mengurangi sampah kemasan melalui penggunaan wadah makan dan minum guna ulang pada salah satu kontennya “Jajan Tanpa Nyampah” 25 Agustus 2023. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penilaian sosial. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel media sosial dan sikap. Dimensi variabel media sosial terdiri dari: social media use for communication, social media use for collaboration, social media use for education, dan social media use for entertainment. Sedangkan dimensi pada variabel sikap terdiri dari cognitive component, affective component, dan behavioral component. Penelitian ini menggunakan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survey. Peneliti menyebar kuesioner kepada responden melalui direct message Instagram dengan kriteria yang telah ditetapkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis univariat dengan pengukuran mean serta analisis bivariat dengan regresi linear sederhana untuk mengukur pengaruh antara dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel media sosial, diantara keempat dimensinya, dimensi social media use for education merupakan dimensi dengan nilai mean tertinggi dan dimensi dengan nilai mean terendah yaitu dimensi social media use for collaboration. Pada variabel sikap, dimensi cognitive component mendapatkan nilai mean tertinggi, sedangkan nilai mean terendah pada dimensi behavioral component. Pada hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang moderat antara kedua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari media sosial Instagram @bumijo.id mengenai konten “Jajan Tanpa Nyampah” 25 Agustus 2023 terhadap sikap followers dalam mengurangi sampah kemasan melalui penggunaan wadah makan dan minum guna ulang. Oleh karena itu, Instagram @bumijo.id sebagai akun media sosial dapat memaksimalkan pembuatan konten serupa yang terkait dengan aktivitas sehari-hari dalam rangka mengurangi sampah kemasan sekali pakai. Kata kunci: Media Sosial, Sikap, Sampah Kemasan. ***** As mass media social media is able to voice environmental issues through the implementation of a sustainable lifestyle. On the Instagram account called @bumijo.id, there is content titled "Jajan Tanpa Nyampah" which is related to the use of reusable food and drink containers to reduce single-use packaging waste. The purpose of this study is to determine the effect of social media Instagram @bumijo.id on the attitude of followers in reducing packaging waste through the use of reusable food and drink containers in one of its contents "Jajan Tanpa Nyampah" August 25, 2023. The theory used in this research is social judgment theory. This study uses two variables, namely social media and attitude variables. Dimensions on social media variables consist of: social media use for communication, social media use for collaboration, social media use for education, and social media use for entertainment. Meanwhile, the dimensions of the attitude variable consist of cognitive component, affective component, and behavioral component. This research uses a positivistic paradigm with a quantitative approach through a survey method. Researcher distributed questionnaires to respondents via Instagram direct messages with predetermined criteria. The data analysis used in this study is univariate analysis with by measuring the mean and bivariate analysis by simple linear regression to measure the effect between the two variables used in this study. The result showed that among the four dimensions of social media variables, the dimension of using social media for education had the highest mean valu) and the dimension of using social media for collaboration had the lowest mean value. In the attitude variable, the cognitive component dimension gets the highest mean value, while the lowest mean value is the behavioral component dimension. The results of linear regression analysis showed that there is a moderate influence between the two variables. Based on the results of the study, it can be concluded that there is an influence of Instagram @bumijo.id social media regarding the content of "Jajan Tanpa Nyampah" August 25, 2023 on the attitude of followers in reducing packaging waste through the use of reusable food and drink containers. Therefore, the Instagram social media account @bumijo.id can maximize the creation of similar content related to daily activities to single-use packaging waste. Keywords: Social Media, Attitude, Packaging Waste.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si. 2). Marisa Puspita Sary, M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Ekologi sosial
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 22286 not found.
Date Deposited: 30 May 2024 00:36
Last Modified: 30 May 2024 00:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45377

Actions (login required)

View Item View Item