DESI PUTRI RAHMADHANI, . (2024) PEMANFAATAN MEDIA MONITORING OLEH HUMAS DI KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN DAN INVESTASI SEBAGAI PENENTUAN STRATEGI KOMUNIKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (374kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Banyak media yang melakukan framing dalam menyampaikan berita kepada masyarakat terkait dengan Kemenko Marves salah satu contohnya adalah isu iuran pariwisata. Sehubungan dengan hal tersebut, humas perlu memastikan reputasinya baik dimata publik dan media dengan cara memonitoring pemberitaan melalui media massa. Tujuan pada penelitian ini peneliti ingin memberikan penjelasan terkait pemanfaatan media monitoring yang dilakukan humas sebagai penentuan strategi komunikasi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori media monitoring menurut Ima Hardiman terdapat 5 proses media monitoring. Diantaranya Kliping Berita, Pengkategorian Berita, Besarnya Kolom Berita, Nilai Berita dan Analisa Isi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post-positivisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi literatur. Adapun yang menjadi informan kunci adalah Kepala Sub Bagian Pengelolaan Opini Publik dan Staff Humas Kemenko Marves. Humas di Kemenko Marves memanfaatkan media monitoring sebagai penentuan strategi komunikasi untuk mengambil kebijakan dan menghadapi krisis komunikasi. Melalui 5 proses media monitoring dengan hasil akhir analisis media, humas dapat memahami persepsi publik dan merancang strategi komunikasi yang efektif sehingga dapat mengatasi krisis komunikasi dengan tujuan mengubah pandangan publik menjadi positif. *********** Many media outlets use framing when news regarding the Coordinating Ministry for Maritime Affairs and Investments (Kemenko Marves), one example being the tourism contribution issue. In this regard, public relations (PR) needs to ensure its reputation is good in the eyes of the public and media by monitoring coverage through mass media. The purpose of this research is to provide an explanation regarding the utilization of media monitoring conducted by PR as a determinant of communication strategy in the Coordinating Ministry for Maritime Affairs and Investments. This study adopts media monitoring theory according to Ima Hardiman, which encompasses 5 processes: News Clipping, News Categorization, News Column Size, News Value, and Content Analysis. The paradigm used in this research is post-positivism. This study adopts a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observations, documentary studies, and literature reviews. The key informants are the Head of the Public Opinion Management Subdivision and Public Relations Staff of Kemenko Marves. PR at Kemenko Marves utilizes media monitoring as a determinant of communication strategy to formulate policies and address communication crises. Through the 5 processes of media monitoring and the final result of media analysis, PR can understand public perception and design effective communication strategies to address communication crises with the aim of changing public perception to positive.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Abdul Kholik, S.Sos.,M.I.Kom. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > D III Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Users 22278 not found. |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 00:22 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 00:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45402 |
Actions (login required)
View Item |