PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH PERADABAN ISLAM KELAS XI DI SMAN 37 JAKARTA

MUTIARA FAJRIN PRAYITNO, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH PERADABAN ISLAM KELAS XI DI SMAN 37 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sejarah peradaban Islam di masa moden yang dilatarbelakangi oleh keluhan siswa yang merasa jenuh dengan model pembelajaran yang digunakan dan merasa dituntut untuk menghafal daripada memahami pada materi sejarah peradaban Islam. Penelitian ini menggunakan teori Tony Buzan pada model pembelajaran mind mapping dan Taksonomi Bloom pada hasil belajar PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experimental. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas XI di SMAN 37 Jakarta yang masing-masing berjumlah 15 siswa dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dihunakan dalam penelitian ini terdiri dari pra eksperimen (sebelum), treatment (perlakuan), observasi, dan pasca eksperimen (setelah). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji N-Gain score dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran mind mapping, yaitu pada tahap akhir (post-test), memiliki signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian terlihat dari nilai rata-rata post-test pada kelas yang diberikan model pembelajaran mindmapping adalah sebesar 91,13, lebih besar dari kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional sebesar 84,17. Hasil tersebut menunjukkan terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi sejarah peradaban Islam di masa modern. Kata Kunci : model pembelajaran mind mapping, hasil belajar siswa, materi sejarah peradaban Islam *********** This study aims to analyze the influence of the use of mind mapping learning models on student learning outcomes on the historical material of Islamic civilization in modern times which is motivated by student complaints who feel bored with the learning model used and feel required to memorize rather than understand the historical material of Islamic civilization. This research uses Tony Buzan's theory on the mind mapping learning model and Bloom's Taxonomy on PAI learning outcomes. The method used in this study uses quantitative methods with the type of Quasy Experimental research. The sample used was grade XI students at SMAN 37 Jakarta, each of which amounted to 15 students from the control class and experimental class. Data collection techniques used in this study consist of pre-experiment (before), treatment , observation, and post-experiment (after). Data analysis techniques used to test hypotheses are N-Gain score andpaired sample t-test. The results showed that there was a significant influence on the application of the mind mapping learning model, namely in the final stage (post-test), having a significance of 0.000 < 0.05. Then it can be seen from the average post-test score in the class given the mindmapping learning model is 91.13, greater than the control class with a conventional learning model of 84.17. These results show that there is an influence of the application of the mind mapping learning model on improving student learning outcomes in PAI subjects on the history of Islamic civilization in modern times. Keywords: mind mapping learning model, student learning outcomes, historical material of Islamic civilization

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khairil Ikhsan Siregar, Lc., MA. 2). Dr. Rihlah Nur Aulia, MA.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 22295 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2024 05:50
Last Modified: 07 Jun 2024 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45434

Actions (login required)

View Item View Item