PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING. AND TRANSFERRING) BERBANTUAN LKPD TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

RATNA JUWITA, . (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING. AND TRANSFERRING) BERBANTUAN LKPD TERSTRUKTUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) berbantuan LKPD terstruktur berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 3 Karawang. Metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group adalah metodologi penelitian yang digunakan. Cluster random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan untuk memilih sampel penelitian pada penelitian ini. Kelas eksperimen pada penelitian ini adalah kelas X7 yang terdapat 35 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah kelas X9 yang terdapat 36 siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari empat soal uraian pada materi program linear yang telah teruji valid dan reliabel. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan independent sample test (uji-t) dengan data telah memenuhi uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Hasil posttest kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata dan standar deviasi berturut-turut sebesar 57,98 dan 16,21 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 46,93 dan 18,36. Berdasarkan hasil pengujian, H0 ditolak karena diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal tersebut mengindikasikan bahwa rata-rata hasil tes akhir siswa kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol. Oleh karena itu, penerapan strategi pembelajaran REACT berbantuan LKPD terstruktur berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X pada materi program linear di SMA Negeri 3 Karawang dengan pengaruh sebesar 72,6% yang termasuk dalam kategori medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Antari Wijayanti, M.Pd. 2). Leny Dhianti Haeruman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 22370 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2024 22:53
Last Modified: 08 Jul 2024 22:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45540

Actions (login required)

View Item View Item