PROSES PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PELATIHAN BAHASA KOREA DI PPKPI JAKARTA

ASSYLA RANITA LIBRIANY, . (2024) PROSES PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA PELATIHAN BAHASA KOREA DI PPKPI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah yang menjadi hambatan dalam upaya peserta didik orang dewasa memahami pembelajaran Bahasa Korea pada pelatihan Bahasa Korea di PPKPI Jakarta. Penelitian dilakukan karena mengingat tingginya minat pada kejuruan pelatihan Bahasa Korea yang tergolong kejuruan baru di PPKPI Jakarta dan peserta pelatihan yang merupakan peserta didik orang dewasa. Namun, masih terdapat kesulitan yang dialami oleh peserta didik orang dewasa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan model pendekatan kualitatif. Proses pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah instruktur pelatihan, kepala kejuruan dan peserta didik pelatihan Bahasa Korea di PPKPI Jakarta. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada pelatihan Bahasa Korea di PPKPI Jakarta belum dapat mempermudah peserta didik orang dewasa memahami pembelajaran Bahasa Korea. Masih terdapat kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada proses pembelajaran. Kurang efektifnya penerapan komponen materi pembelajaran dan waktu pembelajaran harian menjadi faktor yang mempengaruhi peserta didik cenderung sulit memahami pembelajaran. Keseluruhan proses pembelajaran pada pelatihan Bahasa Korea di PPKPI Jakarta ini juga belum cukup efektif dalam menimbulkan kesiapan belajar peserta didik orang dewasa akibat materi dan waktu pembelajaran yang diterapkan tersebut. Sehingga peserta didik orang dewasa masih mengalami kesulitan belajar dalam proses pembelajaran pelatihan yang dilaksanakan. Kata Kunci: Proses pembelajaran, Pembelajaran orang dewasa, Pelatihan. This study aims to identify the obstacles hindering adult learners' efforts to understand Korean language training at PPKPI Jakarta. The research is prompted by the significant interest in Korean language training, which is a newly established vocational field at PPKPI Jakarta, and involves adult learners as participants. However, adult learners encounter difficulties during the learning process. This research utilizes a descriptive method with a qualitative approach. Data collection involves interviews, observations, and documentation. Key informants include training instructors, vocational heads, and Korean language training participants at PPKPI Jakarta. The findings indicate that the learning process in Korean language training at PPKPI Jakarta has not effectively facilitated adult learners' understanding of the language. Adult learners still experience learning difficulties during the process. The ineffective implementation of learning material components and daily learning schedules are factors influencing adult learners' struggle to comprehend the training. Overall, the Korean language training process at PPKPI Jakarta has not adequately prepared adult learners due to these material and scheduling issues. Consequently, adult learners continue to face learning difficulties during the implemented training process. Keywords: Learning process, Adult learning, Training.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Intan Purnama Dewi, M.Pd. 2). Nararia Hutama Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Assyla Ranita Libriany .
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:23
Last Modified: 16 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45598

Actions (login required)

View Item View Item