PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 14 JAKARTA

AFNI NURUL FITRI, . (2024) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (956kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 250 responden pada kelas X di SMA Negeri 14 Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 154 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis jalur dan sobel test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kebiasaan belajar menunjukkan hasil yang positif terhadap hasil belajar. Motivasi Belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Lingkungan belajar berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar melalui mediasi motivasi belajar. Kebiasaan belajar memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar melalui mediasi motivasi belajar. Penelitian ini menjelaskan hasil belajar siswa SMA Negeri 14 Jakarta dapat dikembangkan melalui lingkungan belajar, kebiasaan belajar, dan motivasi belajar yang baik. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.*****This study aims to determine the effect of learning environment and study habits on learning outcomes through learning motivation in economic subjects at SMAN 14 Jakarta. This study uses quantitative approach. The affordable population in this study amounted to 250 respondents majoring in Class X at SMA Negeri 14 Jakarta. The sample of this study 154 respondents with simple random sampling technique. Data collection techniques through questionnaires and documentation. The data analysis technique used to test the hypothesis is by using instrument test, normality test, linearity test, path analysis, and sobel test. The results of this study indicate that learning environment have a positive effect on learning outcomes. Study habits show positive results on learning outcomes. Learning motivation have a positive effect on learning outcomes. Learning environment have a positive effect on learning motivation. Study habits have a positive effect on learning motivation. Learning environment has a direct and indirect effect on learning outcomes through mediation of learning motivation. Study habits have a direct and indirect influence on learning outcomes through mediation of learning motivation. This study showed that student learning outcomes at SMAN 14 Jakarta can be developed through a good learning environment, study habits, and learning motivation. Keywords: learning environment, study habits, learning motivation, learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd. 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Afni Nurul Fitri .
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:43
Last Modified: 18 Jul 2024 04:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45645

Actions (login required)

View Item View Item