KONVERGENSI PROSES PRODUKSI MEDIA PADA PROSES PRODUKSI RADIO MULTIPLATFORM (STUDI ETNOGRAFI BERBASIS TEORI DETERMINISME TEKNOLOGI PADA RADIO REPUBLIK INDONESIA)

FAISAL RAHMAT GYMNASTIAR, . (2024) KONVERGENSI PROSES PRODUKSI MEDIA PADA PROSES PRODUKSI RADIO MULTIPLATFORM (STUDI ETNOGRAFI BERBASIS TEORI DETERMINISME TEKNOLOGI PADA RADIO REPUBLIK INDONESIA). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membatasi cakupan masalah pada aspek-aspek tertentu yang berkaitan dengan perubahan radio dari masa ke masa, dengan fokus utama pada konvergensi digital. Batasan masalah melibatkan peran media sosial, platform streaming, dan penggunaan teknologi di stasiun radio, khususnya dalam konteks Radio Republik Indonesia. Penelitian ini menganalisis konvergensi Radio Republik Indonesia dari model konvensional ke multiplatform, mencakup aspek teknis, strategis, dan manajerial. Tujuan penelitian adalah untuk memahami dan mendokumentasikan proses konvergensi yang dilakukan oleh Radio Republik Indonesia, serta menganalisis perubahan dalam konten dan format siaran setelah reposisi ke ranah multiplatform. Hal ini melibatkan jenis konten, gaya penyiaran, dan adaptasi terhadap platform digital. Penelitian ini menunjukkan bagaimana konvergensi produksi media di Radio Republik Indonesi tidak hanya mengubah teknologi yang digunakan dalam produksi media, tetapi juga membentuk cara berpikir, berkomunikasi, dan berinteraksi dalam lingkungan produksi media. Dengan memanfaatkan teori determinisme teknologi dan konvergensi media, penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang dampak konvergensi produksi media di Radio Republik Indonesia dan kontribusinya terhadap pengembangan media di era digital. Kesimpulan dari studi etnografi ini menunjukkan bahwa konvergensi produksi media pada Radio Republik Indonesia merupakan hasil adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan tren media, yang memengaruhi berbagai aspek organisasi, operasional, dan produksi konten. Pemahaman dan penerapan konsep konvergensi media, terutama dalam konteks teori determinisme teknologi dan konvergensi media, menjadi kunci bagi Radio Republik Indonesia untuk tetap relevan dan kompetitif di era digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Dr. Eko Nugroho, M.Si.
Subjects: Karya Umum > Jurnalisme, Media Berita, Penerbitan
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Transportasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 22434 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:50
Last Modified: 19 Jul 2024 00:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45716

Actions (login required)

View Item View Item