PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI RUSSIAN SERVICE DALAM MATA KULIAH PENATAAN DAN PELAYANAN RESTORAN

MUHAMMAD AUNUR ROHIM, . (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI RUSSIAN SERVICE DALAM MATA KULIAH PENATAAN DAN PELAYANAN RESTORAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji kelayakan aplikasi pembelajaran berbasis Android materi Russian Service dalam mata kuliah Penataan dan Pelayanan Restoran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D, tahapan dalam model pengembangan 4D antara lain yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2) Pembuatan rancangan (design), (3) Pengembangan (develop), dan (4) Penyebarluasan (disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan studi dokumen dan kuesioner, penelitian ini menggunakan instrumen validasi kelayakan produk yang diberikan ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta instrumen uji coba pengguna yang diberikan oleh pengguna media pada uji coba one to one, uji coba small group, dan uji field test, serta instrumen diseminasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis Android untuk materi Russian service dalam mata kuliah Penataan dan Pelayanan Restoran memiliki efektivitas dan kualitas tinggi dalam mendukung proses pembelajaran. Aplikasi ini dinilai layak oleh para ahli dengan persentase kelayakan yang sangat baik: 86.15% untuk materi, 93.75% untuk media, dan 82% untuk bahasa. Uji coba menunjukkan penerimaan positif dengan nilai rata-rata 88.41% pada uji perorangan, 86.09% pada uji terbatas, dan 89.19% pada uji lapangan. Fitur interaktif seperti navigasi video, halaman, kuis, drag and drop, serta simulasi roleplay meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa, membantu mereka memahami konsep dan prosedur Russian service. The aim of this research is to develop and test the feasibility of an Android-based learning application for Russian Service material in the Restaurant Arrangement and Service course. This research uses the Research & Development (R&D) method. The model used in this research is the 4D development model, the stages in the 4D development model include: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, and (4) Disseminate. The data collection technique in this research is using document studies and questionnaires, this research uses product feasibility validation instruments given by material experts, media experts and language experts, as well as user testing instruments given by media users in one to one test, small group test, and field test, as well as dissemination instruments. The data analysis technique used in this research is descriptive statistics. The results of this research show that the Android-based learning application for Russian service material in the Restaurant Arrangement and Service course has high effectiveness and quality in supporting the learning process. This application was rated as feasible by experts with excellent eligibility percentages: 86.15% for material, 93.75% for media, and 82% for language. The trial showed positive acceptance with an average value of 88.41% in one to one test, 86.09% in small group test, and 89.19% in field test. Interactive features such as video navigation, pages, quizzes, drag and drop, and roleplay simulations increase student motivation and engagement, helping them understand Russian service concepts and procedures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yeni Yulianti, M.Pd 2). Dr. Nur Riska, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Muhammad Aunur Rohim .
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:39
Last Modified: 19 Jul 2024 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45720

Actions (login required)

View Item View Item