PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PEMAHAMAN BULLYING SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KASUS BULLYING PADA PESERTA DIDIK SMKN DI JAKARTA TIMUR

TIARA HELMALIA PUTRI, . (2024) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PEMAHAMAN BULLYING SEBAGAI UPAYA PREVENTIF KASUS BULLYING PADA PESERTA DIDIK SMKN DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena perundungan atau bullying kian merebak di Indonesia khususnya di kawasan sekolah oleh karena itu pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah memerlukan kerjasama dari semua pihak sehingga tercapai keberhasilan pendidikan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang bullying dalam bimbingan kelompok dengan teknik permainan ular tangga untuk pencegahan bullying pada peserta didik kelas XI SMKN 50 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan model one group pre-test & post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI di SMKN 50 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner dengan instrument penelitian menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan paired sample t-Test dengan SPSS 25. Hasil penelitian ini diketahui bahwa skor post-test mengalami peningkatan skor yang signifikan setelah diberi bimbingan kelompok dengan teknik permainan ular tangga dibandingkan dengan skor pre-test siswa/i di SMKN 50 Jakarta. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa terdapat perbedaan pengetahuan perilaku bullying sebelum dengan sesudah adanya bimbingan kelompok dengan teknik permainan ular tangga. Kesimpulan yang dapat diambil diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan teknik permainan ular tangga memiliki pengaruh yang signfikan tehadap perilaku bullying siswa/i di di SMKN 50 Jakarta. ***** The phenomenon of bullying is increasingly widespread in Indonesia, especially in school areas, therefore the implementation of guidance and counseling programs in schools requires cooperation from all parties so that optimal educational success is achieved. The aim of this research is to increase understanding about bullying in group guidance using permainan ular tangga techniques to prevent bullying in class XI students at SMKN 50 Jakarta. The type of research used in this research is quantitative with an experimental method using a one group pre-test & post-test design model. The population in the study was all class XI at SMKN 50 Jakarta. The sampling technique used by researchers is purposive sampling technique. The data collection technique used was through a questionnaire with research instruments using a Likert scale. The data analysis technique in this study used paired sample t-Test with SPSS 25. The results of this study showed that the post-test scores experienced a significant increase in scores after being given group guidance using Permainan Ular Tangga techniques compared to the pre-test scores of students at SMKN 50 Jakarta. Meanwhile, based on hypothesis testing, it is known that there is a difference in knowledge of bullying behavior before and after group guidance using Permainan Ular Tangga techniques. The conclusion that can be drawn is that group guidance using Permainan Ular Tangga techniques has a significant influence on students' bullying behavior at SMKN 50 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dewi Justitia, M.Pd., Kons ; 2). Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Tiara Helmalia Putri .
Date Deposited: 28 Jul 2024 23:20
Last Modified: 28 Jul 2024 23:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46279

Actions (login required)

View Item View Item