PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATA DI CHILLAX SUDIRMAN

HASMITA OKTALIANI, . (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATA DI CHILLAX SUDIRMAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial Instagram (X1) dan TikTok (X2) terhadap Minat Kunjungan Wisata Chillax Sudirman (Y). Dalam industri pariwisata, teknologi telah memberikan banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis pariwisata dan salah satu teknologi yang sering digunakan saat ini dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata, salah satunya dengan menggunakan Media Sosial. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Media Sosial terhadap Minat Kunjungan Wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang mengetahui atau pernah melakukan kunjungan wisata ke Chillax Sudirman. Dalam penentuan sampel dan jumlah sampel menggunakan metode non-probability sampling, dengan metode accidental sampling dan rumus Lemeshow sehingga sampel dalam penelitian ini dapat diketahui sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa Media Sosial Instagram dan TikTok secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Minat Kunjungan Wisatawan di Chillax Sudirman. Diharapkan dengan adanya penelitian di Chillax Sudirman ini dapat mengoptimalkan implementasi Media Sosial sehingga dapat lebih meningkatkan minat kunjungan wisatawan oleh wisatawan. Kata kunci : Media Sosial, Minat Kunjungan Wisata This study aims to determine the influence of Social Media Instagram (X1) and TikTok (X2) on the Increase in Interest in Chillax Sudirman (Y) Tourism Visits. In the tourism industry, technology has provided a lot of convenience in running tourism businesses and one of the technologies that are often used today in increasing interest in tourist visits to a tourist attraction, one of which is by using Social Media. Therefore, it is necessary to conduct research to find out how much Social Media has an influence on Tourist Interest. The method used in this study is using quantitative research methods. The population in this study is people who know or have made a tourist visit to Chillax Sudirman. In determining the sample and the number of samples using the non-probability sampling method, with the accidental sampling method and the Lemeshow formula so that the sample in this study can be known as 100 people. The data analysis techniques used are validity tests, reliability tests, classical assumption tests, and multiple linear regression analysis tests. From the results of the study, it was found that Social Media Instagram and TikTok together have a positive and significant influence on the Increase in Interest in Tourist Visits in Chillax Sudirman. It is hoped that with this research in Chillax Sudirman, it can optimize the implementation of Social Media so that it can further increase the interest in tourist visits by tourists.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rezka Fedrina, S.St., M.M. ; 2). Rahmat Darmawan, S.Pd., M.M.Par.
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Users 23135 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:20
Last Modified: 25 Jul 2024 01:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46379

Actions (login required)

View Item View Item