IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMP NEGERI 1 KLAPANUNGGAL - KABUPATEN BOGOR

RAMADHANI AYUNDI, . (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMP NEGERI 1 KLAPANUNGGAL - KABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dalam mewujudkan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 1 Klapanunggal – Kabupaten Bogor, (2) Mendeskripsikan faktor penghambat dalam implementasi profil pelajar pancasila dalam mewujudkan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 1 Klapanunggal – Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler PMR yang berjumlah 66 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 1 Klapanunggal mampu mengimplementasikan berbagai indikator profil pelajar pancasila. Dalam penelitian ini terdapat indikator yang unggul, yaitu indikator gotong royong dengan persentase 98%. Indikator tersebut erat kaitannya dengan terwujudnya karakter kepedulian sosial yang tercermin dari kolaborasi atau kerja sama antaranggota PMR yang tidak terpisah dari pedoman tujuh prinsip dan tribakti PMR. (2) Faktor penghambat implementasi profil pelajar pancasila dalam mewujudkan karakter kepedulian sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMP Negeri 1 Klapanunggal – Kabupaten Bogor terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari kehadiran anggota yang tidak konsisten, kurangnya fasilitas yang memadai, serta menurunnya kefokusan dan motivasi anggota PMR. Faktor eksternal terdiri dari terdapat keterbatasan dana dalam mengikuti lomba yang mana dapat menunjang implementasi profil pelajar pancasila dan keterbatasan waktu pelatih dalam menghadiri latihan rutin setiap Sabtu. Kata Kunci: Ekstrakurikuler PMR, Profil Pelajar Pancasila, Kepedulian Sosial. ***** This research aims to: (1) Describe the implementation of the Pancasila student profile in realizing social care character through PMR extracurricular activities at SMP Negeri 1 Klapanunggal - Bogor Regency, (2) Describe the inhibiting factors in implementing the Pancasila student profile in realizing social care character through extracurricular activities PMR at SMP Negeri 1 Klapanunggal – Bogor Regency. The research method used is descriptive with data collection techniques in the form of observation, questionnaires, interviews and documentation. The subjects of this research were 66 extracurricular members of PMR. The data analysis technique is carried out using statistical analysis. The research results concluded that: 1) The PMR extracurricular at SMP Negeri 1 Klapanunggal was able to implement various indicators of the Pancasila student profile. In this research there is a superior indicator, namely the mutual cooperation indicator with a percentage of 98%. Indicators are closely related to the realization of the character of social care which is realized from collaboration or cooperation between PMR members which cannot be separated from the guidelines of the seven PMR principles and tribakti. (2) The inhibiting factors for implementing the Pancasila student profile in realizing the character of social care through PMR extracurricular activities at SMP Negeri 1 Klapanunggal - Bogor Regency consist of internal and external factors. Internal factors come from inconsistent member attendance, lack of adequate facilities, and decreased focus and motivation of PMR members. External factors consist of limited funds for participating in competitions which can support the implementation of the Pancasila student profile and limited time for coaches to attend routine training every Saturday. Keywords: PMR Extracurricular, Pancasila Student Profile, Social Awareness

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman., M.Si ; 2). Martini, S.H., M.H
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Ramadhani Ayundi .
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:04
Last Modified: 25 Jul 2024 01:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46432

Actions (login required)

View Item View Item