ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PESO MODEL (PAID MEDIA, EARNED MEDIA, SHARED MEDIA, OWNED MEDIA) PADA MUSEUM ART:1 NEW MUSEUM & ART SPACE

FADHILAH SHABRINA, . (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PESO MODEL (PAID MEDIA, EARNED MEDIA, SHARED MEDIA, OWNED MEDIA) PADA MUSEUM ART:1 NEW MUSEUM & ART SPACE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis efektivitas dari PESO Model dalam strategi pemasaran untuk museum. PESO Model mengacu pada paid media, earned media, shared media dan owned media yang secara komprehensif mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi untuk mencapai audiens yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada Museum Art:1 New Museum & Art Space sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PESO Model dalam strategi pemasaran museum memberikan manfaat dalam mencapai tujuan pemasaran seperti kesadaran masyarakat terhadap keberadaan museum. Peran dari komponen PESO Model dari museum tersebut dapat membantu meningkatkan jangkauan serta memfasilitasi interaksi dan partisipasi melalui platform sosial. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi PESO Model yaitu pemanfaatan media sosial masih belum dimaksimalkan. Rekomendasi praktis yang dapat diberikan yaitu seperti peningkatan kerja sama dengan influencer seni dan penggunaan visual konten yang menarik. Penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi pemasaran museum dalam merancang strategi yang efektif dan berdaya saing menggunakan PESO Model, serta kontribusi teoritis terhadap literatur tentang aplikasi model ini dalam konteks institusi budaya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Museum, PESO Model ***** This research aims to analyze the effectiveness of the PESO Model in museum marketing strategies. The PESO Model refers to paid media, earned media, shared media, and owned media, comprehensively integrating various communication channels to reach a broader audience. This study employs a qualitative approach with a case study on the Art:1 New Museum & Art Space as the subject. The findings indicate that implementing the PESO Model in museum marketing strategies benefits achieving marketing goals such as increasing public awareness of the museum's presence. The museum's use of the PESO Model components helps enhance reach and facilitates interaction and participation through social platforms. The research also identifies challenges in implementing the PESO Model, particularly in maximizing the use of social media. Practical recommendations include enhancing collaborations with art influencers and utilizing visually engaging content. This study provides insights for museum marketing practitioners to design effective and competitive strategies using the PESO Model, contributing theoretically to the literature on its application in cultural institutions. Keywords: Marketing Strategy, Museum, PESO Model

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rinie Octaviany Hasan, M.Si., M.M.Par. ; 2). Lala Siti Sahara, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Pariwisata
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Users 22830 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 23:03
Last Modified: 24 Jul 2024 23:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46443

Actions (login required)

View Item View Item