NAUVAL DANU RAMADHAN, . (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI KEGIATAN ECOBRICK PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA (STUDI KUALITATIF PADA KELAS VII SMPLB DI SLB NEGERI BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (372kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (308kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang pembentukan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan Ecobrick kepada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Bogor. Kegiatan Ecobrick merupakan pengelolaan sampah plastik menjadi barang-barang yang berguna untuk mengurangi pencemaran, racun dan mengurangi dampak negatif dari sampah plastik terhadap lingkungan sekitar. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena memungkinkan peneliti untuk dapat mendeskripsikan hasil penelitian secara mendalam dengan apa adanya dan mengeksplorasi sesuai dengan realitas yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam rangka membuktikan kesesuaian data penelitian dengan kenyataan di lapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi data, member check dan expert opinion. Teknik analisis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Karakter peduli lingkungan melalui kegiatan Ecobrick sangat efektif dan telah mempromosikan karakter peduli lingkungan yang kokoh dengan membuat peserta didik tunagrahita tidak hanya belajar tentang lingkungan, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis untuk berperan secara aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Adapun terdapat empat indikator karakter peduli lingkungan yang telah ditunjukkan peserta didik tunagrahita setelah mengikuti kegiatan Ecobrick di SLB Negeri bogor, yaitu: 1) peserta didik mampu membuang sampah pada tempatnya; 2) peserta didik mampu memilah dan membedakan sampah organik dan anorganik; 3) peserta didik mampu membersihkan halaman sekolah dengan menggunakan alat-alat kebersihan yang ada di sekolah; 4) Peserta didik mampu membiasakan perilaku hemat energi. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Karakter Peduli Lingkungan, Ecobrick, Anak Tunagrahita ***** The purpose of this study is to find out more about the formation of environmental care character through ecobrick activities for children with special needs of tunagrahita in SLB Negeri Bogor. Ecobrick activity is the management of plastic waste into useful items to reduce pollution, toxins and reduce the negative impact of plastic waste on the environment. This research method uses descriptive with a qualitative approach, because it allows researchers to be able to describe the results of research in depth with what they are and explore according to the reality in the field. The data collection techniques used in this research are observation, interview and documentation. To check the validity of data in order to prove the suitability of research data with reality in the field, researchers use data triangulation techniques, member checks and expert opinions. The analysis technique starts from data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study have shown that Environmental Care Character Education through ecobricking activities is very effective and has promoted a strong environmental care character by making children with disabilities not only learn about the environment, but also gain practical experience to play an active role in protecting and preserving the environment. There are four indicators of environmental care character that have been shown by children with special needs of tunagrahita after participating in Ecobrick activities at SLB Negeri Bogor, namely: 1) learners are able to throw garbage in its place; 2) learners are able to sort and distinguish organic and inorganic waste; 3) learners are able to clean the school yard by using cleaning tools in the school; 4) Learners are able to get used to energy-saving behavior. Keywords: Character Education, Environmental Care Character, Ecobricks, Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Achmad Husen, M.Pd. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 22518 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 06:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 06:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46572 |
Actions (login required)
View Item |