PENERAPAN METODE GALERI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMEBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas VII C di SMP Negeri 163 Jakarta)

ALLYA NURRAMADHAN, . (2024) PENERAPAN METODE GALERI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMEBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas VII C di SMP Negeri 163 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa kelas VII-C di SMPN 163 Jakarta dengan menggunakan metode pembelajaran Galeri Belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 36 siswa dalam satu kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode galeri belajar pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 60 dengan persentase sebesar 28%, siklus 2 sebesar 73 dengan persentase sebesar 50%, dan siklus 3 sebesar 83 dengan persentase sebesar 83%. Dengan kriteria keberhasilan sebesar 80%, dan KKM sebesar 77. Penerapan metode galeri belajar ini juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kemampuan mengajukan pertanyaan, memberikan jawaban, mengemukakan pendapat, menyampaikan materi, dan bekerjasama dalam kelompok. Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Metode Galeri Belajar, Hasil Belajar, Keaktifan ********* This study aims to find out how far the student learning outcomes and activity of students in grades VII-C at SMPN 163 Jakarta have improved by using the Learning Gallery learning method. This type of research is a class action research carried out in three cycles. Each cycle has four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The sample in this study was 36 students in one class. The results showed that the application of the learning gallery method in social studies learning could improve learning outcomes with an average score of 60 in cycle 1 with a percentage of 28%, cycle 2 of 73 with a percentage of 50%, and cycle 3 of 83 with a percentage of 83%. With a success criterion of 80%, and KKM of 77. The application of this learning gallery method can also increase students' activeness in the ability to ask questions, provide answers, express opinions, convey materials, and work together in groups. Keywords: Social Studies Learning, Learning Gallery Method, Learning Outcomes, Activeness

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Allya Nurramadhan .
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:35
Last Modified: 01 Aug 2024 00:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46587

Actions (login required)

View Item View Item