PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK YANG MENGGUNAKAN PEMANAS DI SMKN 1 SUKATANI

MUHAMMAD FAUZI AGUSTINI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK YANG MENGGUNAKAN PEMANAS DI SMKN 1 SUKATANI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran video. (2) Mengetahui hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran konvensional. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang diberi media pembelajaran video dan media pembelajaran konvensional pada mata pelajaran perbaikan peralatan listrik yang menggunakan pemanas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan jenis Quasi Eksperimental Design menggunakan Nonequvalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan populasi berjumlah 65 siswa dan sampel berjumlah 60 siswa kelas 12 SMKN 1 Sukatani. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Tes yang dilakukan berupa pretes untuk mendapatkan hasil belajar sebelum diberikan sebuah treatment, dan posttest untuk mendapatkan hasil belajar setelah diberikan treatment. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan koefisien korelasi poin Biserial dan Alpha Crobach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, dan homogenitas, selanjutnya akan dilakukan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar siswa pada posttest dengan menggunakan media pembelajaran video adalah 75. (2) Rata-rata hasil belajar siswa pada posttest dengan menggunakan media konvensional menggunakan modul adalah 61. (3) Maka adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran video dan media pembelajaran konvensional. ***** The aim of this research is to: (1) Find out the learning outcomes of groups of students taught using video learning media. (2) Knowing the learning outcomes of student groups taught using conventional learning media. (3) Knowing the differences in learning outcomes of groups of students who were given video learning media and conventional learning media on the subject of repairing electrical equipment that uses heating. This research is quantitative research with a Quasi Experimental Design type approach using Nonequvalent Control Group Design. The sampling technique used simple random sampling with a population of 65 students and a sample of 60 class 12 students at SMKN 1 Sukatani. Data collection uses test instruments. The tests carried out are in the form of a pretest to get learning results before being given treatment, and a posttest to get learning results after being given treatment. Testing the validity and reliability of the instrument uses the Biserial point correlation coefficient and Crobach's Alpha. Test the prerequisites for analysis using normality and homogeneity tests, then a t test will be carried out. The research results show that: (1) The average student learning outcomes in the posttest using video learning media is 75. (2) The average student learning outcomes in the posttest using conventional media using modules is 61. (3) So there are differences average learning outcomes of students taught using video learning media and conventional learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Suyitno, M.Pd. ; 2). Drs. Readysal Monantun, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Muhammad Fauzi Agustini .
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:56
Last Modified: 26 Jul 2024 04:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46733

Actions (login required)

View Item View Item