STRATEGI BINAQU ACADEMY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN GENERASI Z

SALSABILA WAFA FADILLAH, . (2024) STRATEGI BINAQU ACADEMY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN GENERASI Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Angka buta huruf di Indonesia sangat mengkhawatirkan terkhusus bagi generasi Z yang mendominasi jumlah populasi di Indonesia. Generasi Z merupakan golongan generasi yang paling rendah tingkat religiusitasnya termasuk dalam hal membaca al-Qur’an. Di lain sisi, generasi Z dikenal dengan istilah generasi teknologi yang selalu terhubung dengan internet. Penggunaan internet menjadi tren masa kini khususnya bagi generasi Z, membuat Binaqu Academy melakukan beragam cara dan upaya agar strategi yang dilakukan Binaqu Academy sebagai platform pembelajaran online dengan memanfaatkan internet dapat terlaksana dan mencapai tujuan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut yang dilakukan oleh Binaqu Academy untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an generasi Z. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan strategi Binaqu Academy dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an generasi Z. Sumber data diperoleh dari wawancara, studi dokumen dan observasi yang dilakukan pada bulan Maret – Mei 2024. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi pembelajaran yang terdiri dari strategi pada tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut serta teori kemampuan membaca al-Qur’an diantaranya indikator kelancaran dan tartil dalam membaca al-Qur’an, kesesuaian pelafalan huruf sesuai makhrajnya, serta ketepatan membaca al-Qur’an sesuai tajwid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh Binaqu Academy adalah dengan mengoptimalkan tahapan pelaksanaan pembelajaran dengan pembagian program pembelajaran yang dilakukan secara online dan private one by one sesuai dengan target yang direncanakan serta berdasarkan pada perencanaan yang telah dirancang sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an generasi Z. Tahap perencanaan dengan mengenali kebutuhan peserta sehingga pembelajaran berlangsung fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya masing-masing. Tahap pelaksanaan dengan pembagian program pembelajaran berdasarkan standar pencapaian yang ingin dicapai. Tahap evaluasi yang dilakukan untuk dua tujuan yaitu mengetahui tingkat pemahaman peserta dan mengukur keberhasilan strategi. Tahap tindak lanjut dengan memberikan keputusan kenaikan program pembelajaran atau perbaikan pembelajaran. Berdasarkan respon peserta menunjukkan hasil strategi Binaqu Academy sangat baik terhadap peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an. ********** The illiteracy rate in Indonesia is very worrying, especially for generation Z who dominates the population in Indonesia. Generation Z is the generation group with the lowest level of religiosity, including when it comes to reading the Qur’an. On the other hand, generation Z is known as the technology generation who is always connected to the internet. The use of the internet is a current trend, especially for generation Z, making Binaqu Academy carry out various methods and efforts so that the strategy carried out by Binaqu Academy as an online learning platform by utilizing the internet can be implemented and achieve its goals appropriately. This research aims to describe the planning, implementation, evaluation and follow-up strategies carried out by Binaqu Academy to increase the al-Qur’an reading ability of generation Z. This research is a descriptive qualitative research that describes Binaqu Academy's strategy in increasing the al-Qur’an reading ability of generation Z. Data sources were obtained from interviews, document studies and observations conducted in March – May 2024. The theory used in this research is learning strategy theory consisting of strategies at the planning, implementation, evaluation and follow-up stages as well as theory the ability to read the al-Qur’an includes indicators of fluency and tartil in reading the al-Qur’an, suitability of letter pronunciation according to the makhraj, and accuracy of reading the al-Qur’an according to recitation. The results of the research show that the learning strategy carried out by Binaqu Academy is to optimize the stages of learning implementation by dividing learning programs carried out online and privately one by one in accordance with planned targets and based on plans that have been designed so as to increase al-Qur’an of generation Z. The planning stage involves recognizing the needs of participants so that learning takes place flexibly according to their individual needs and abilities. The implementation stage involves dividing learning programs based on the achievement standards to be achieved. The evaluation stage is carried out for two purposes, namely knowing the level of participants understanding and measuring the success of the strategy. The follow-up stage is to provide a decision to increase the learning program or improve learning. Based on participant responses, it shows that the results of the Binaqu Academy strategy are very good in increasing the ability to read the al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag., M.A. ; 2). Dr. Sari Narulita, Lc., M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Salsabila Wafa Fadillah .
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:47
Last Modified: 26 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46789

Actions (login required)

View Item View Item