PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL GOOGLE MY BUSINESS PADA MATA PELAJARAN DIGITAL MARKETING UNTUK SISWA JURUSAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 16 JAKARTA

SHAFA ADRISTI CAHYADEWI, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL GOOGLE MY BUSINESS PADA MATA PELAJARAN DIGITAL MARKETING UNTUK SISWA JURUSAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (872kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video tutorial pada mata pelajaran Digital Marketing untuk siswa kelas XI SMK Jurusan Pemasaran. Video pembelajaran tutorial ini terdiri dari tiga buah video yang berdurasi 5-8 menit. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Hannafin dan Peck yang melalui tiga tahapan mulai dari tahap need assesment, design, development and implementation. Video tutorial Google My Business ini telah melalui tahapan evaluasi formatif yang melibatkan expert review hingga uji coba pengguna oleh siswa kelas XI Pemasaran SMKN 16 Jakarta. Hasil dari expert review oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.87 (sangat baik), ahli desain pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.85 (sangat baik) dan ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.63 (sangat baik). Lalu pada tahap selanjutnya yaitu dilakukan uji coba pengguna evaluasi one-toone hingga small group dengan menggunakan skala 1-4, hasil dari one-toone memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,00 (sangat baik) dan tahap evaluasi small group memperoleh nilai rata-rata 3,71 (sangat baik). Berdasarkan hasil evaluasi formatif yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk video tutorial pada materi Google My Business sudah baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran. ***** This development research aims to produce a product in the form of video tutorials on Digital Marketing subjects for grade XI students of Vocational Schools, Marketing Department. This tutorial learning video consists of three videos with a duration of 5-8 minutes. This development refers to the Hannafin and Peck development model which goes through three stages starting from the need assessment, design, development and implementation stages. This Google My Business video tutorial has gone through a formative evaluation stage involving expert review to user trials by Marketing XI class students of SMKN 16 Jakarta. The results of the expert review by material experts obtained an average score of 3.87 (very good), learning design experts obtained an average score of 3.85 (very good) and media experts obtained an average score of 3.63 (very good). Then at the next stage, namely the one-to-one to small group evaluation user trials using a scale of 1-4, the results of the one-to-one obtained an average score of 4.00 (very good) and the small group evaluation stage obtained an average score of 3.71 (very good). Based on the results of the formative evaluation that has been carried out, it shows that the video tutorial product on Google My Business material is good for use as learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mita Septiani M.Pd. ; 2). Mulyadi M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Shafa Adristi Cahyadewi .
Date Deposited: 26 Jul 2024 05:40
Last Modified: 26 Jul 2024 05:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46806

Actions (login required)

View Item View Item