PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENATAAN SANGGUL MODERN UPSTYLE UNTUK SISWA PADA FASE F KECANTIKAN DAN SPA DI SMK NEGERI 27 JAKARTA

NAFLAH LUTFI NABILLAH, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENATAAN SANGGUL MODERN UPSTYLE UNTUK SISWA PADA FASE F KECANTIKAN DAN SPA DI SMK NEGERI 27 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal KKM pada hasil tes pemahaman teori. Didapatkan juga jawaban dari hasil tanya jawab kepada guru pengampu mata pelajaran terkait bahwa kurangnya sumber belajar siswa yang dapat diakses secara mandiri sehingg menyebabkan kemerosotan pada hasil belajar siswa dan pencapaian pembelajaran yang kurang maksimal. Sehingga penelitian dilakukan guna mengembangkan media pembelajaran yang dapat dengan praktis digunakan oleh siswa/i sebagai media pembelajaran secara mandiri dan dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai bahan ajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah riset dan pengembangan dengan pendekatan model ADDIE yang mencakup lima tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Implementation dan Evaluation dilakukan penyebaran instrument untuk uji validasi produk kepada dua dosen ahli materi dan ahli media, uji coba one to one dan uji small group kepada siswa di SMKN 27 Jakarta. Hasil yang didapatkan pada uji kelayakan oleh ahli materi tahap I = 58,8% dan tahap II = 90%, pada uji kelayakan ahli media tahap I = 52% dan tahap II = 86,6%, pada uji praktikalis one to one diperoleh hasil 93,5%, dan tahap uji praktikalis small group 94,4%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan kesimpulan bahwa Modul Pembelajaran Penataan Sanggul Modern Up Style sudah dapat digunakan dan diterapkan untuk pembelajaran dengan hasil sudah layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran. ***** The research was motivated by student learning outcomes that scored below the Minimum Completion Criteria KKM on the results of the theory understanding test. Answers were also obtained from the results of questions and answers to teachers of related subjects that the lack of student learning resources that can be accessed independently has caused a decline in student learning outcomes and less than optimal learning achievement. So that research is carried out to develop learning media that can be practically used by students as a learning media independently and can be utilized by teachers as teaching materials. The method used in this research is research and development with the ADDIE model approach which includes five stages, namely, Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. At the Implementation and Evaluation stages, instruments were distributed for product validation tests to two lecturers of material experts and media experts, one to one trials and small group tests to students at SMKN 27 Jakarta. The results obtained in the stage I material expert test = 58,8% and stage II 90%, in the stage I media expert test = 52% and stage II =86,6 %, in the one to one practical test the results were obtained 93,5%, and the small group practical test stage 94,4%. Based on the research that has been done, it is concluded that the Modern Up Style Bun Styling Learning Module can be used and applied for learning with the results that are feasible and practical to use. Keywords : Learning Module, Upstyle Bun Styling, Styling Pattern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurul Hidayah, M.Pd ; 2). Dr. Aniesa Puspa Arum, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 23652 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 00:05
Last Modified: 29 Jul 2024 00:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46904

Actions (login required)

View Item View Item