PENGGUNAAN METODE MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELAS VII A SMP NEGERI 163 JAKARTA)

ANDINI SILVIANA PUTRI, . (2024) PENGGUNAAN METODE MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELAS VII A SMP NEGERI 163 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas VII A di SMP Negeri 163 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data melalui tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di kelas VII-A SMP Negeri 163 Jakarta dari bulan Februari sampai dengan April 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan Metode Mnemonik pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diketahui Pada siklus 1, persentase hasil belajar siswa sebesar 31% dengan rata-rata hasil belajar 71,25. Pada siklus 2 meningkat menjadi 53% dengan rata-rata hasil belajar 76,94 dan pada siklus 3 terjadi peningkatan menjadi 78% dengan rata-rata hasil belajar 83,33. 2) Penggunaan Metode Mnemonik juga meningkatkan keaktifan siswa pada aspek bertanya, menjawab, dan tugas. Dapat dikatakan bahwa penggunaan Metode Mnemonik pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 163 Jakarta mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa dan peningkatan keaktifan siswa. ***** This research aims to improve the learning outcomes and activities of class VII A students at SMP Negeri 163 Jakarta. The research method used is classroom action research, with data collection techniques through written tests, observation and documentation. The research was carried out in class VII-A of SMP Negeri 163 Jakarta from February to April 2024. The results of the research show that: 1) Using the Mnemonic Method in Social Sciences subjects can improve student learning outcomes. It is known that in cycle 1 the percentage of student learning outcomes was 31% with an average learning outcome of 71.25. In cycle 2 it increased to 53% with an average learning outcome of 76.94 and in cycle 3 there was an increase to 78% with an average learning outcome of 83.33. 2) The use of the Mnemonic Method also increases student activity in the aspects of asking, answering and assignments. It can be said that the use of the Mnemonic Method in Social Sciences (IPS) subjects at SMP Negeri 163 Jakarta has improved student learning outcomes and increased student activity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 23775 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2024 03:28
Last Modified: 31 Jul 2024 03:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46906

Actions (login required)

View Item View Item