PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI JAKARTA

NABILLA EKARIYANA MURSITA, . (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (406kB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif pada Generasi Z di DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Metode pengambilan data dengan metode kuesioner. Data setelah dikumpulkan kemudian di olah menggunakan alat bantu SPSS Versi 25. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, analisis jalur dan uji sobel. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan digital payment terhadap perilaku konsumtif, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap penggunaan digital payment, (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan dimediasi oleh penggunaan digital payment. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment, Perilaku Konsumtif ***** The objective of this study is to determine the effect of Financial Literacy, Use of Digital Payment on Consumptive Behavior in Generation Z in DKI Jakarta. The method used in this research is quantitative method. The data source used in this study is primary data. The data collection method is the questionnaire method. The data after being collected is then processed using SPSS Version 25. The data analysis techniques used are prerequisite analysis and path analysis. The sample in this study were 100 respondents. The results of this study indicate that: (1) There is a negative and significant influence between financial literacy on consumptive behavior, (2) There is a positive and significant influence between the use of digital payment on consumptive behavior, (3) There is a positive and significant influence between financial literacy on the use of digital payment, (4) There is a positive and significant influence between financial literacy on consumptive behavior mediated by the use of digital payment. Keywords: Financial Literacy, Use of Digital Payment, Consumptive Behavior

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Karuniana Dianta A.S., S.IP., M.E. ; 2). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24116 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 22:45
Last Modified: 29 Jul 2024 22:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47194

Actions (login required)

View Item View Item