ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTUAN WILAYAH TUJUAN EKSPOR PRODUK UNGGULAN INDONESIA (KOMODITAS NON-MIGAS HS 6 DIGIT)

ARIF YOGI SAPUTRA, . (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTUAN WILAYAH TUJUAN EKSPOR PRODUK UNGGULAN INDONESIA (KOMODITAS NON-MIGAS HS 6 DIGIT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penentuan wilayah tujuan ekspor produk unggulan Indonesia komoditas non-migas serta kesulitan yang dihadapi oleh eksportir UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pada eksportir UMKM produk unggulan komoditas non-migas yang teridentifikasi dalam HS 6 digit. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi penentuan wilayah tujuan ekspor produk unggulan non migas yang teridentifikasi dalam HS 6 digit, yaitu daya saing harga, permintaan pasar, dan kebijakan perdagangan. Selain itu, terdapat tiga kesulitan utama yang dihadapi oleh eksportir UMKM dalam menentukan wilayah tujuan ekspor, yaitu keterbatasan literasi informasi, keterbatasan sumber daya manusia, dan keterbatasan analisis data lapangan secara langsung. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pemerintah dan eksportir UMKM untuk meningkatkan kinerja ekspor produk unggulan Indonesia. ***** This study aims to analyze the factors that influence the determination of export destination areas for Indonesia's superior non-oil and gas commodities and the difficulties faced by MSME exporters. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach to MSME exporters of superior non-oil and gas commodity products identified in the 6-digit HS code. The research data were collected through in-depth interviews, observations, and document studies. The results showed that there are three main factors that influence the determination of export destination areas for superior non-oil and gas products identified in the 6-digit HS code, namely price competitiveness, market demand, and trade policy. In addition, there are three main difficulties faced by MSME exporters in determining export destination areas, namely limited information literacy, limited human resources, and limited direct field data analysis. This research provides implications for the government and MSME exporters to improve the export performance of Indonesia's leading products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Saparuddin Mukhtar SE., M.Si. ; 2). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 23668 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 11:18
Last Modified: 01 Aug 2024 11:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47232

Actions (login required)

View Item View Item