MIFTAH AYESADIRA, . (2024) IMPLEMENTASI METODE SUKU KATA PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN (Studi Kasus pada Siswa Hambatan Intelektual Ringan Kelas 6 SLB Negeri 8 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (920kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (926kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (960kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi metode suku kata pada pembelajaran membaca permulaan siswa hambatan intelektual ringan di SLBN 8 Jakarta. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bentuk kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan metode suku kata. Temuan penelitian ini ditemukan bahwa strategi guru yang menyesuaikan karakteristik dan kemampuan siswa. Tingkat kemampuan siswa ini disesuaikan tingkat kemampuan berdasarkan bentuk kegiatan yang sedang dipelajari.Dalam pembelajarannya metode suku kata dalam pembelajaran membaca permulaan difokuskan untuk mengingat suku-suku kata. Hal ini dikarenakan faktor siswa yang mudah lupa. Metode suku kata berperan sebagai latihan berupa suku-suku kata agar siswa mengetahui bentuk dan pelafalan kata. Dalam penerapannya guru juga telah menuliskan suku-suku kata di masing-masing buku siswa. Setelah dituliskan guru akan memberikan bentuk pelafalan yang benar. Siswa mengikuti pelafalan suku-suku kata tersebut. Dalam penyampaian materi, guru menggunakan spidol dan papan tulis. Guru mengilustrasikan kata dengan gambar pada papan tulis agar memudahkan siswa memahami makna kata tersebut. Guru mengucapkan pelafalan yang benar dari kata tersebut menggunakan metode suku kata. Kata tersebut akan dibagi menjadi suku-suku kata. Bentuk kegiatan metode suku kata dalam pembelajaran membaca permulaan diantaranya pengenalan suku kata, matching atau menyamakan kata dengan suku kata yang dipelajari, menyalin, mendikte serta membuat kalimat sederhana. Penelitian ini memperjelas bahwa keterlambatan siswa bukan berarti tidak mampu membaca melainkan perlunya strategi metode yang tepat. Metode yang tepat dapat membuat siswa hambatan intelektual dapat membaca. ***** This research was conducted to determine the implementation of the syllable method in early reading learning for students with mild intellectual disabilities at SLBN 8 Jakarta. The methods used are interviews, observation and documentation. The results of this research reveal the forms of activities carried out by teachers in implementing the syllable method. The findings of this research found that teachers' strategies adapt to students' characteristics and abilities. The student's ability level is adjusted to the level of ability based on the form of activity being studied. In learning, the syllable method in beginning reading learning focuses on remembering syllables. This is due to the factor that students easily forget. The syllable method acts as an exercise in the form of syllables so that students know the form and pronunciation of words. In its implementation, the teacher has also written the syllables in each student's book. After it is written, the teacher will give the correct form of pronunciation. Students follow the pronunciation of these syllables. In delivering the material, the teacher uses markers and a whiteboard. The teacher illustrates the words with pictures on the blackboard to make it easier for students to understand the meaning of the words. The teacher pronounces the correct pronunciation of the word using the syllable method. The word will be divided into syllables. Forms of syllable method activities in early reading learning include recognizing syllables, matching or equating words with the syllables being studied, copying, dictating and making simple sentences. This research makes it clear that students' delays do not mean they are unable to read but rather the need for appropriate strategic methods. The right method can make students with intellectual disabilities able to read.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Lalan Erlani, Ed.S,.M.Ed ; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 22840 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47295 |
Actions (login required)
View Item |