PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SMARTCLASS SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA

YOGA FERDIANSYAH, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SMARTCLASS SMA DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (462kB)
[img] Text
Bab II Kajian Pustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Metodologi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Hasil Pengembangan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (565kB)

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif yang inovatif dan layak dalam pembelajaran mata pelajaran Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan di SMA Diponegoro 1 Jakarta. Pengembangan ini menggunakan pendekatan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang melibatkan tahap-tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Dalam mengembangkan e-modul interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline, hasil pengembangan berupa produk e-modul berbentuk HTML.5 yang dapat dibuka secara offline di laptop serta berbentuk link untuk penggunaan di smartphone Android dan iOS. Pengembangan ini telah melewati evaluasi formatif yang melibatkan 1 (satu) ahli media, 1 (satu) ahli desain pembelajaran, 1 (satu) ahli materi, dan 15 (lima belas) pengguna. Hasil yang didapatkan dari expert review, one-to-one, dan small group menyatakan bahwa e-modul ini layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa setelah melalui proses revisi. ****** This development aims to create an innovative and effective interactive e-module for teaching Sociology as a Science at SMA Diponegoro 1 Jakarta. This development uses the 4D development model approach (Define, Design, Develop, and Disseminate), involving the stages of definition, design, development, and dissemination. In developing the interactive e-module using the Articulate Storyline application, the development result is an e-module product in HTML.5 format that can be accessed offline on laptops, as well as in link formats for use on Android and iOS smartphones. This development has undergone formative evaluation involving 1 (one) media expert, 1 (one) instructional design expert, 1 (one) subject matter expert, and 15 (fifteen) users. The results obtained from expert reviews, one-to-one evaluations, and small group evaluations indicate that this e-module is suitable for use as a learning medium for students after undergoing revisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cecep Kustandi, M.Pd ; 2). Mulyadi, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 22963 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:41
Last Modified: 30 Jul 2024 04:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47337

Actions (login required)

View Item View Item