LU'LU FADIYAH AFIFAH, . (2024) PENGARUH DUKUNGAN GURU DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP KECEMASAN MATEMATIS PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan guru dan keterlibatan orang tua terhadap kecemasan matematis siswa di sekolah menengah pertama. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan Maret hingga Mei 2024. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 140 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan yang diberikan oleh guru terhadap siswa termasuk dalam kategori tinggi, dan keterlibatan orang tua pada anak termasuk dalam kategori sedang, sedangkan kecemasan matematis siswa termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan guru dan keterlibatan orang tua terhadap kecemasan matematis dengan (p value = 0,001 < 0,05). Sebesar 7,9% kecemasan matematis siswa dapat dijelaskan melalui dukungan guru dan keterlibatan orang tua. Oleh karena itu, selain sebagai fasilitator, guru juga berperan sebagai motivator, sehingga diharapkan dapat memberikan dukungan secara berkelanjutan. Guru dapat lebih intensif terlibat dalam memberikan bimbingan individual, motivasi, dan penguatan konsep matematis yang kompleks bagi siswa. Orang tua juga perlu meningkatkan dukungan dan keterlibatan pada anak untuk mengelola kecemasan matematis siswa. Kata Kunci: dukungan guru, kecemasan matematis, keterlibatan orang tua*****This research aims to determine the effect of teacher support and parental involvement on students' mathematical anxiety in junior high school. The research method uses an associative quantitative approach and data collection was carried out from March to May 2024. This research was carried out by distributing questionnaires to respondents. The research sample was selected using a simple random sampling technique with a total of 140 students as respondents. The research results show that the support provided by teachers to students is in the high category, and parental involvement in children is in the medium category, while students' mathematical anxiety is in the medium category. The results of the regression test show that there is a significant influence between teacher support and parental involvement on mathematical anxiety with (p value = 0.001 < 0.05). As much as 7.9% of students' mathematical anxiety can be explained through teacher support and parental involvement. Therefore, apart from being a facilitator, teachers also act as motivators, so they are expected to provide ongoing support. Teachers can be more intensively involved in providing individual guidance, motivation, and reinforcement of complex mathematical concepts for students. Parents also need to increase support and involvement in their children to manage students' mathematical anxiety. Keywords: mathematical anxiety, parental involvement, teacher support
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd. 2). Elmanora, S.Si., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 24118 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 05:27 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 05:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47361 |
Actions (login required)
View Item |