PROSES PEMBELAJARAN SENI LUKIS UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS 3 SD DI SLB B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT

LULU AWLIYA YUSMAN, . (2024) PROSES PEMBELAJARAN SENI LUKIS UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS 3 SD DI SLB B PANGUDI LUHUR JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses pembelajaran seni lukis untuk kelas 3 SDLB di SLB B Pangudi Luhur. Fokus pada penelitian ini terbagi menjadi tiga di antaranya: Lagkah-langkah pembelajaran, metode yang digunakan serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran pada proses pembelajaran ini meliputi beberapa tahap yaitu: persiapan alat lukis, pemberian referensi gambar yang variatif melalui internet, pemberian contoh gambar oleh guru menggunakan teknik dan pola garis, serta pengamatan dan pengarahan oleh guru kepada siswa. Metode yang digunakan oleh guru adalah metode demonstrasi dimana guru menjelaskan materi dengan cara memberikan contoh gambar di papan tulis. Faktor pendukung proses pembelajaran meliputi suasana kelas yang kondusif, partisipasi dan inisiatif siswa, serta fasilitas media yang mencukupi. Sedangkan faktor penghambat pada proses pembelajaran ini didominasi oleh keadaan kelas yang terkadang tidak kondusif ***** This qualitative descriptive study aims to gain a deeper understanding of the painting instruction process for third-grade students at SLB B Pangudi Luhur. The focus of this research is divided into three areas: the steps of the learning process, the methods used, and the supporting and hindering factors in the learning process. The research methodology employed is a qualitative descriptive method based on the Miles and Huberman model. The results of this study indicate that the learning steps in this process include several stages: preparation of painting tools, providing varied image references through the internet, giving examples of images by the teacher using techniques and line patterns, and observation and guidance by the teacher to the students. The method used by the teacher is the demonstration method, where the teacher explains the material by providing examples on the whiteboard. The supporting factors in the learning process include a conducive classroom environment, student participation and initiative, and adequate media facilities. On the other hand, the hindering factors in this learning process are primarily related to the occasionally non-conducive classroom conditions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si, M.Pd; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Lulu Awliya Yusman .
Date Deposited: 04 Aug 2024 22:43
Last Modified: 04 Aug 2024 22:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47403

Actions (login required)

View Item View Item