PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN BOJONG 03

LILIK FITRIANI, . (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS V SDN BOJONG 03. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (522kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audivisual pada Siswa Kelas V di SDN Bojong 03 Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakn dalam tiga siklus dengan tiga kegiatan pembelajaran per siklus, setiap siklusnya mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan yaitu proses kegiatan pembelajaran, tes akhir siklus yang selanjutnya dianalisis dan direfleksi sebagai upaya perbaikan untuk siklus berikutnya. Penelitian ini dilaksanakan kepada 26 siswa, analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh selama proses kegiatan pembelajaran. Data tersebut diperoleh dari hasil test, lembar observasi dan dokumentasi. Setiap siklus meliputi kegiatan berdasarkan komponen yang ada dalam CTL. Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Hal tersebut dapat dilihat dari rat-rata nilai tes akhir siklus siswa yang meningkat di setiap siklusnya. Rata-rata nilai tes akhir pada pada test pra siklus adalah 58, 3, pada siklus I meningkat menjadi 68,8, siklus II meningkat menjadi 73,9, dengan kategori cukup terampil, dan pada siklus III meningkat menjadi 81 dengan kategori terampil. Kemudian jumlah siswa yang mencapai kriteria capaian pembelajaran dengan kategori cukup terampil yaitu dengan nilai minimal 70 mengalami kenaikan disetiap siklusnya. Pada pra siklus jumlah siswa yang sesuai dengan kriteria minimal berjumlah 8 orang siswa atau 31% dari seluruh siswa, pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa dengan persentase 58%, siklus II meningkat menjadi 18 siswa dengan persentase 69%, dan pada siklus III meingkat menjadi 22 siswa denagn persentase 85%. Lembar observasi guru dan siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Observasi guru siklus I mencapai 74%, siklus II 88%, dan pada siklus III meningkat menjadi 90%. Lembar observasi siswa siklus I 64%, siklus II 76%, dan siklus III meningkat menajdi 86%. Berdasarkan hasil tersebut daoat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas V pada materi menulis puisi anak dapat meningkat melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audivisual. Kata Kunci : Keterampilan menulis Puisi, model Contextual Teaching and Learning, Media Audivisual ***** This research is a class action research that aims to improve poetry writing skills with the Contextual Teaching and Learning (CTL) model assisted by Audiovisual Media for Class V Students at SDN Bojong 03 Bogor Regency. This research was carried out in three cycles and three par cycle activity, each cycle includes planning activities, and implementation, namely the process of learning activities, and end-of-cycle tests which are then analyzed and reflected on as an effort to improve for the next cycle. This research was conducted on 26 students, data analysis was carried out by describing qualitative and quantitative data obtained during the learning process. The data was obtained from test results, observation sheets, and documentation. Each cycle includes activities based on the components in CTL. This research shows an increase in students' skills in writing poetry. This can be seen from the average final test scores of students who increased in each cycle. The average final test score in the pre-cycle test was 58.3, in cycle I it increased to 68.8, in cycle II, it increased to 73.9, with a fairly skilled category, and in cycle III it increased to 81 with a professional category. Then the number of students who reached the learning achievement criteria in the moderately skilled category, namely with a minimum score of 70, increased in each cycle. In the pre-cycle the number of students who met the minimum criteria was 8 students or 31% of all students, in cycle I it increased to 12 students with a percentage of 58%, cycle II increased to 18 students with a percentage of 69%, and in cycle III it increased to 22 students with a percentage of 85%. Teacher and student observation sheets have increased in each cycle. Cycle I teacher observations reached 74%, cycle II 88%, and in cycle III increased to 90%. Student observation sheet cycle I 64%, cycle II 76%, and cycle III increased to 86%. Based on these results, it can be concluded that the poetry writing skills of grade V students on the material of writing children's poetry can be improved through the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) model assisted by Audiovisual Media.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Tarwiyah Adi, M.Si; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 23165 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:04
Last Modified: 31 Jul 2024 00:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47469

Actions (login required)

View Item View Item