STRATEGI ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK DI MASA AKIL BALIGH (STUDI KASUS ORANG TUA SISWA SMKN 26 JAKARTA)

MAZLAN, . (2024) STRATEGI ORANG TUA DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK DI MASA AKIL BALIGH (STUDI KASUS ORANG TUA SISWA SMKN 26 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGRI JAKARTA.

[img] Text
Cover - Daftar Isi.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (310kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja dianggap sebagai masa emosi yang labil sehingga menimbulkan perilaku negatif atau kenakalan remaja, oleh sebab itu perlunya pembinaan Akhlakul karimah terhadap anak. Dikarenakan banyak orang tua yang mengeluhkan perilaku beberapa remaja yang sangat memprihatinkan mengenai perilaku yang menjurus kepada kenakalan-kenakalan remaja seperti melawan orang tua, tawuran, balap liar, merokok, minum-minuman keras, narkoba, dan pacaran. Maka, orang tua membutuhkan strategi-strategi yang tepat untuk mencegah atau menangani kenakalan remaja tersebut. Untuk itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menemukan strategi yang tepat bagi orang tua dalam pembinaan Akhlakul karimah anak di masa Akil baligh. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas XI-TMPO 2, orang tua, dan tetangga dari subjek penelitian. Pada penelitian ini, data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi preventif dan represif sangat penting diterapkan dalam mendidik anak ketika memasuki fase transisi dari remaja menuju dewasa untuk mencegah agar kenakalan remaja tidak terjadi, begitu juga strategi kuratif perlu diterapkan jika diperlukan. Pada penerapan strategi preventif, represif, dan kuratif orang tua juga perlu memperhatikan poin dan tahapan dalam mendidik anak dan perlu diperhatikan seperti halnya memulai dari aturan, keteladanan, pengajaran, pembiasaan, pengawasan, penghargaan, dan hukuman, nasihat dan motivasi terhadap anak. ***** Adolescence is considered a period of unstable emotions that lead to negative behavior or juvenile delinquency, therefore the need for guidance on Akhlakul karimah towards children. Because many parents complain about the behavior of some teenagers who are very concerned about behavior that leads to juvenile delinquency such as fighting parents, brawls, wild racing, smoking, drinking, drugs, and dating. So, parents need the right strategies to prevent or deal with juvenile delinquency. For this reason, this research was conducted with the aim of finding the right strategy for parents in fostering children's Akhlakul karimah at the age of puberty.This research uses a case study method with a qualitative approach. Data collection techniques used interviews, observations, and documentation with research subjects of class XI-TMPO 2 students, parents, and neighbors of the research subjects. In this study, the data were analyzed by reducing data, presenting data, and drawing conclusions.The results of this study indicate that preventive and repressive strategies are very important to apply in educating children when entering the transition phase from adolescence to adulthood to prevent juvenile delinquency from occurring, as well as curative strategies need to be applied if necessary. In the application of preventive, repressive, and curative strategies, parents also need to pay attention to the points and stages in educating children and need to be considered as well as starting from rules, exemplary, teaching, habituation, supervision, rewards, and punishment, advice and motivation towards children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suci Nurpratiwi, M.Pd. ; 2). Dr. Amaliyah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23303 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:46
Last Modified: 02 Aug 2024 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47919

Actions (login required)

View Item View Item