HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS VII SMP NEGERI 243 JAKARTA)

FEBRIANI BUANA SUPA, . (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS VII SMP NEGERI 243 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas VII SMP Negeri 243 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah selurus siswa kelas VII SMP Negeri 243 yaitu sebanyak 216 siswa dan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling sebanyak 140 siswa kelas VII SMP Negeri 243 Jakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Data variabel kecerdasan emosional (X) didapat dari instrumen berbentuk kuesioner yang diberikan kepada siswa, sedangkan data hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila (Y) diambil dari hasil tes pilihan ganda materi Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai Y = 30,800 + 0,248X, sehingga dapat diartikan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, maka setiap peningkatan dalam kecerdasan emosional diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data kecerdasan emosional dan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila berdistribusi normal dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05, yaitu p = 0,200 > 0,05. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar dengan hasil Korelasi Product Moment yang menunjukkan nilai signifikansi 0,039 < 0,05. Kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 30% terhadap hasil belajar dengan hasil koefisien korelasi menghasilkan nilai R Square sebesar 0,30. Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila adalah hubungan yang rendah atau kurang kuat karena nilai R yang didapat sebesar 0,17 atau 17%. ***** This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and learning outcomes in Pancasila Education for seventh grade students at SMP Negeri 243 Jakarta. The research was conducted using a quantitative method with a correlational approach. The population of this study consisted of all seventh grade students at SMP Negeri 243, totaling 216 students, with a sample of 140 students selected through random sampling for the 2023/2024 academic year. Data on the emotional intelligence variable (X) were obtained from a questionnaire given to the students, while data on the learning outcomes in Pancasila Education (Y) were collected from the results of multiple-choice tests on the topic of Appreciating the Environment and Local Culture. The results of simple linear regression show that Y = 30,800 + 0.248X, indicating that emotional intelligence influences learning outcomes. Therefore, an increase in emotional intelligence is expected to enhance student learning outcomes. Both emotional intelligence data and the learning outcomes of Pancasila Education subject follow a normal distribution with a significance level greater than 0.05, specifically p = 0.200 > 0.05. The study concludes that there is a relationship between emotional intelligence and learning outcomes, as indicated by the Pearson correlation coefficient with a significance value of 0.039 < 0.05. Emotional intelligence contributes 30% to learning outcomes, with a coefficient of determination resulting in an R Square value of 0.30. The relationship between emotional intelligence and the learning outcomes of Pancasila Education subject is considered weak or moderately weak, with an R value obtained at 0.17 or 17%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yasnita, M.Si. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22543 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:05
Last Modified: 02 Aug 2024 02:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47937

Actions (login required)

View Item View Item