PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 22 JAKARTA

MARIA MANURUNG, . (2024) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Probability Sampling, dan memperoleh sampel sebanyak 104 peserta didik. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMKN 22 Jakarta. Peneliti telah melakukan uji coba instrumen terhadap 30 responden. Analisis data yang dilakukan yaitu uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS. Uji signifikansi parameter individual variabel efikasi diri diperoleh nilai sig. 0,004 variabel kemandirian belajar memperoleh nilai 0,000, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Hasil uji simultan, pada tabel Anova memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai F hitung sebesar 9,148 dan nilai F tabel sebesar 3,09, maka hipotesis diterima. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,153. Maka, variabel efikasi diri dan kemandirian belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil. Penelitian ini telah memberikan kontribusi bagi peserta didik dalam peningkatan rasa percaya diri dan sikap mandiri dalam belajar, sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Kata kunci: efikasi diri, kemandirian belajar, hasil belajar ***** ABSTRACT The purpose of this study was to determine whether there is an effect of self-efficacy and learning independence simultaneously on learning outcomes. The research method used is quantitative method with data collection techniques through distributing questionnaires. The sampling technique used was Probability Sampling, and a sample of 104 students was obtained. The research location was at SMKN 22 Jakarta. Researchers have tested the instrument on 30 respondents. The data analysis carried out is the classical assumption test, multiple linear regression and hypothesis testing using the SPSS program. Individual parameter significance test self-efficacy variable obtained sig value. 0.004 learning independence variable obtained a value of 0.000, it is concluded that there is an influence between the learning independence variable on learning outcomes. The results of the simultaneous test, in the Anova table obtained a significance value of 0.000. The calculated F value is 9.148 and the F table value is 3.09, so the hypothesis is accepted. The coefficient of determination value is 0.153. So, the variables of self-efficacy and learning independence simultaneously affect learning outcomes. This study contributes to students in increasing self-confidence and independent attitude in learning, so that they can get good learning outcomes.. Keywords: self-efficacy, learning independence, learning outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2). Suherdi, S.Pd., S.H., M.M.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 24280 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:13
Last Modified: 02 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47938

Actions (login required)

View Item View Item