PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CUISENAIRE RODS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DUREN SAWIT.

ALFIA PUTRI LESTARI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CUISENAIRE RODS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DUREN SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (423kB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori .pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran erat kaitannya dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan siswa untuk menghasilkan gagasan baru. Kemampuan berpikir kreatif mencakup 4 dimensi, yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media pembelajaran, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu, cuisenaire rods. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media cusienaire rods terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III sekolah dasar di kecamatan Duren Sawit. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling two stage. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest posttest design. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes, baik pretest maupun posttest, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test dan didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000. Sesuai dengan kriteria pengujian bahwa, jika nilai signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media cuisenaire rods dengan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III sekolah dasar di kecamatam Duren Sawit. Berdasarkan hasil perhitungan data pretest dan posttest, diperoleh rata-rata pretest sebesar 71,0416 dan rata-rata posttest sebesar 81,7813 dengan N-Gain Score sebesar 0,6382, dimana 0,6382 termasuk dalam kriteria sedang. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Media Cuisenaire Rods, Sekolah Dasar. **** Learning media are closely related to the learning process. Learning media is very important to the goal of learning well. Creative thinking is the ability of students to generate new ideas. Creative thinking encompasses four dimensions: fluency, flexibility, originality, and elaboration. Enhancing the creative thinking ability of students in learning activities can be done by using learning media. One of the learning media that can be used is cuisenaire rods. This research aims to find out the influence of media questionnaires on the creativity of students in grade III elementary school in the district of Duren Sawit. Sampling is done using cluster random sampling, a two-stage technique. The method used is quantitative for the type of experiment. The research design used is a one-group pretest-posttest design. Data collection techniques used are tests, both pretest and posttest, and documentation. Data analysis technique to test the hypothesis using a paired sample t-test and obtained a sig (2-tailed) value of 0.000. In accordance with the test criteria, if the significance value is < 0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted, which means there is a significant influence of the use of media cuisenaire rods on the creative thinking ability of students in grade III elementary school in Duren Sawit. Based on the calculations of the pretest and posttest data, a pretest average of 71,0416 and a posttest average of 81,7813 were obtained with a N-Gain Score of 0,6382, of which 0.6382 was included in the medium criteria. Keywords: Creative Thinking Ability, Elementary School, Media Cuisenaire Rods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22969 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:26
Last Modified: 02 Aug 2024 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47994

Actions (login required)

View Item View Item