PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENANAMKAN RASA NASIONALISME PADA MATERI KOLONIALISME DI MA DAARUL IKROM LAMPUNG

INDAH PRATIWI, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENANAMKAN RASA NASIONALISME PADA MATERI KOLONIALISME DI MA DAARUL IKROM LAMPUNG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk modul bagi pendidik maupun peserta didik. Pengembangan modul ini dilakukan dengan cara mengukur kelayakan modul kepada peserta didik guna menanamkan rasa nasionalisme peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan atau disebut sebagai Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan ini menerapkan langkah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yaitu ADDIE (2016). Penelitian ini difokuskan untuk pengembangan modul pembelajaran sejarah materi kolonialisme. Pengembangan produk modul pembelajaran dilakukan dari Juli- Januari yang dimana dimulai pengembangan ini dimulai sejak menganalisis kebutuhan, menyusun dan mengembangkan desain modul pembelajaran, menyusun instrumen penelitian, menguji coba desain pembelajaran yang telah dikembangkan, kemudian memperbaiki produk pengembangan, secara garis besar. Hasil uji kelayakan modul pembelajaran sejarah Indonesia masa Kolonialime adalah: a. Hasil presentase dari keseluruhan aspek yang diperoleh dari ahli materi adalah 92,7% dikategorikan sangat layak untuk digunakan. b. Hasil presentase dari keseluruhan aspek yang diperoleh dari ahli media adalah 90,9% dikategorikan sangat layak untuk digunakan. c. Hasil yang di dapat dari uji coba peserta didik adalah 0,374 hasil tersebut menunjukan bahwa hasil uji validitas instrumen dinyatakan valid dan tidak ada item yang digugurkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran sejarah untuk menanamkan rasa nasionalisme pada materi kolonialisme sangat layak dijadikan sebagai Modul pembelajaran. ***** This research aims to develop teaching materials in the form of modules for educators and students. The development of this module was carried out by measuring the suitability of the module for students in order to instill a sense of nationalism in students. This research is a development type research or referred to as Research and Development (R&D). The model used in this development applies research and development steps developed by Robert Maribe Branch, namely ADDIE (2016). This research is focused on developing a learning module on the history of colonialism material. The development of learning module products was carried out from July to January, where this development began with analyzing needs, compiling and developing learning module designs, compiling research instruments, testing the learning designs that had been developed, then improving the development products, in general. The results of the feasibility test for the Indonesian history learning module during the colonial period are: a. The percentage result of all aspects obtained from material experts was 92.7%, categorized as very suitable for use. b. The percentage results of all aspects obtained from media experts were 90.9%, categorized as very suitable for use. c. The results obtained from the student trials were 0.374. These results indicate that the results of the instrument validity test were declared valid and no items were dropped, so it can be concluded that the history learning module to instill a sense of nationalism in colonialism material is very suitable to be used as a learning module.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. M. Fakhruddin, M. Si. ; 2). Dr. Abrar, M. Hum.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 22700 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:56
Last Modified: 02 Aug 2024 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48086

Actions (login required)

View Item View Item