PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 3 JAKARTA

AMALIA PUTRI ALAMSYAH, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II_Amalia Putri Alamsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III_Amalia Putri Alamsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_Amalia Putri Alamsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V_Amalia Putri Alamsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Lampiran_Amalia Putri Alamsyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) pada mata pelajaran Konsentrasi Manajemen Perkantoran 1 di SMK Negeri 3 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yaitu kuasi eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 3 Jakarta, berjumlah 71 orang yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh yang merupakan kategori dari teknik sampling non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MPLB pada mata pelajaran Konsentrasi Manajemen Perkantoran 1 di SMK Negeri 3 Jakarta. Hasil perhitungan uji normalitas mempunyai Sig. > 0.05, sehingga dinyatakan kedua kelompok data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas menggunakan Uji Levene didapatkan nilai Sig. yaitu 0.055, dikatakan bahwa data berdistribusi homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji sampel independent t menunjukkan bahwa hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0.009 < 0.05 dan t hitung yaitu 2.701 > 1.995, yang menyatakan bahwa Ha diterima. Perhitungan posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT memperoleh nilai rata-rata 80.08, lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional sebesar 75.51. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar ***** This study aims to obtain empirical data on the effect of using the Team Games Tournament (TGT) type cooperative learning model on student learning outcomes in class XI Office Management and Business Services (MPLB) in the subject of Office Management Concentration 1 at SMK Negeri 3 Jakarta. The research used a quantitative approach with the research method, namely quasi-experiment. The population is class XI MPLB students of SMK Negeri 3 Jakarta, totaling 71 people divided into two classes. The sampling technique used in the study was determined by saturated sampling technique which is a category of non-probability sampling technique. The results showed that the Team Games Tournament (TGT) type cooperative learning model affected the learning outcomes of students in class XI MPLB in the subject of Office Management Concentration 1 at SMK Negeri 3 Jakarta. The normality test calculation results have Sig. > 0.05, so it is stated that both groups of data are normally distributed. Homogeneity testing using the Levene test obtained a Sig value. namely 0.055, it is said that the data is homogeneously distributed. The results of hypothesis testing using an independent sample t test show that the results of Sig. (2-tailed) of 0.009 < 0.05 and t count of 2.701 > 1.995, which states that Ha is accepted. Posttest calculations show that the experimental class using the TGT learning model obtained an average value of 80.08, higher than the average value of the control class with conventional learning methods of 75.51. Keywords: Cooperative Learning Model, Team Games Tournament (TGT), Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Puji Wahono, M.Si ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 24281 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:19
Last Modified: 05 Aug 2024 00:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48256

Actions (login required)

View Item View Item