PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 172 JAKARTA

MUHAMMAD NAUFAL DANI, . (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 172 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Baamboozle untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 172 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII.5 yang berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian yang sudah dilakukan adalah Baamboozle mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan Indikator Pencapaian Hasil (IPH) ≥ 80%. Terjadi kenaikan nilai dari siklus satu ke siklus dua sebesar 11% dengan kenaikan nilai rata-rata 77 menjadi 81 dan dari siklus dua ke siklus tiga sebesar 11% dengan kenaikan nilai rata-rata 81 menjadi 83. ***** This research aims to determine the application of Baamboozle learning media to improve learning outcomes and activeness of class VIII students in social studies subjects at SMP Negeri 172 Jakarta. This research uses classroom action research methods. This research uses three cycles. The research subjects were 36 students in class VIII.5. The results of the research that has been carried out are that Baamboozle is able to improve learning outcomes and student activity. This can be seen from the scores of students who have achieved Minimum Completeness Criteria (KKM) with Outcome Achievement Indicators (IPH) ≥ 80%. There was an increase in scores from cycle one to cycle two by 11% with an increase in the average score of 77 to 81 and from cycle two to cycle three by 11% with an increase in the average score from 81 to 83.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si. ; 2). Saipiatuddin, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 24115 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2024 23:52
Last Modified: 05 Aug 2024 23:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48558

Actions (login required)

View Item View Item