ALIKA SYACHARANI, . (2024) PROSES MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS MUSLIMAHDAILY.COM DALAM PENYEBARAN INFORMASI EVENT INSPIRING TALK (STUDI DESKRIPTIF PADA EVENT INSPIRING TALK DENGAN TEMA BE A BETTER MUSLIMAH MILLENIALS DI MEDIA BARU). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (302kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu event seminar yang pernah diadakan di Indonesia adalah seminar Inspiring Talk. Seminar Inspiring Talk adalah program seminar yang diselenggarakan rutin setiap tahun oleh MuslimahDaily.com sejak tahun 2018. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses manajemen public relations MuslimahDaily.com dalam penyebaran informasi event Inspiring Talk. Dalam meneliti hal tersebut, peneliti menggunakan teori media baru. Penelitian ini memiliki satu variabel yaitu proses manajemen yang dicetuskan oleh Cutlip, Center & Broom. Variabel ini memiliki empat dimensi yaitu mendefinisikan problem (atau peluang), perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi, serta mengevaluasi program. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan metode kualitatif. Strategi penelitian ini adalah deskriptif. Ada empat informan yang dijadikan dengan rincian satu key informan dan tiga informan. Teknik penggalian data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dan uji keabsahan data dengan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses manajemen public relations MuslimahDaily.com dalam penyebaran informasi event Inspiring Talk sesuai dengan proses manajemen yaitu mendefinisikan problem (atau peluang), perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi, serta mengevaluasi program dan telah sesuai dengan teori media baru. Hal ini dapat dilihat melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang ada dan telah teruji keabsahannya dengan teknik konfirmabilitas. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa MuslimahDaily.com sudah melakukan proses manajemen public relations dalam penyebaran informasi event Inspiring Talk. Keempat dimensi sudah dilaksanakan oleh MuslimahDaily.com yaitu mendefinisikan problem (atau peluang), perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi, serta mengevaluasi program. Saran untuk MuslimahDaily.com dalam penyebaran informasi event adalah perlu untuk melihat kompetitor, lebih menggunakan bahasa yang menarik, menunjuk orang yang berpengaruh di komunitas untuk membantu menyebarkan informasi event, serta penting untuk menghitung return on investment dalam penyebaran informasi event. ***** One of the seminar events held in Indonesia was the Inspiring Talk seminar. The Inspiring Talk Seminar is a seminar program that has been held regularly every year by MuslimahDaily.com since 2018. This research aims to determine MuslimahDaily.com's public relations management process in disseminating information on Inspiring Talk event. In this research, researchers used the theory of new media. This research has one variable, namely the management process initiated by Cutlip, Center & Broom. This variable has four dimensions, namely defining problems (or opportunities), planning and programming, taking action and communicating, and evaluating programs. The paradigm used is constructivism with qualitative methods. This research strategy is descriptive. There were four informants with details of one key informant and three informants. Data mining techniques were carried out using interviews, observation and documentation and testing the validity of the data using confirmability tests. The research results show that MuslimahDaily.com's public relations management process in disseminating information on Inspiring Talk event is in accordance with the management process, namely defining problems (or opportunities), planning and programming, taking action and communicating, and evaluating programs and is in accordance with the theory of new media. This can be seen through the results of interviews, observations and existing documentation and its validity has been tested using confirmability techniques. The conclusion from the research results is that MuslimahDaily.com has implemented a public relations management process in disseminating information about the Inspiring Talk event. The four dimensions have been implemented by MuslimahDaily.com, namely defining problems (or opportunities), planning and programming, taking action and communicating, and evaluating programs. The researcher's advice to MuslimahDaily.com in disseminating event information is that it is necessary to look at competitors, use more interesting language, appoint influential people in the community to help disseminate event information, and it is important to calculate the return on investment in disseminating event information.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dini Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Elisabeth Nugrahaeni P., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 24713 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 23:36 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 23:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48586 |
Actions (login required)
View Item |