KARONA AULIA, . (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI KASUS: SMA 2 PERGURUAN "CIKINI"). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (752kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (272kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen kemampuan literasi digital siswa pada mata pelajaran ekonomi agar layak digunakan untuk memantau dan mengevaliasi kemampuan literasi siswa secara berkala. Penelitian dan pengembangan instrumen ini menggunakan empat prosedur sederhana yakni penyusunan butir instrumen, validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji akhir. Subjek penelitian yaitu 198 siswa di SMA 2 Perguruan ”Cikini”. Angket yang telah disusun divalidasi oleh 4 validator kemudian diuji cobakan secara terbatas untuk menghitung tingkat validitas dan realibilitas dari masing-masing butir pertanyaan. Angket menggunakan skala Likert dengan skala interval 1-4. Pembakuan instrumen menggunakan uji KMO MSA didapatkan hasil bahwa 8 dimensi/indikator kemampuan literasi digital siswa pada mata pelajaran ekonomi tersebut diperoleh hasil sangat layak digunakan karena nilai r hitung setiap item lebih dari 0,139 (r hitung > 0,139) dan tingkat realibilitas yang tinggi karena didapatkan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,847 lebih besar dari 0,800 (0,847 > 0,800) sehingga memiliki tingkat konsistensi yang dapat diterima. ***** The aim of this research is to develop an instrument for assessing students' digital literacy skills in economics subjects, making it suitable for regular monitoring and evaluation of students' literacy abilities. The research and development of this instrument followed four simple procedures: item preparation, expert validation, limited trials, and final testing. The research subjects were 198 students at SMA 2 Perguruan "Cikini". The questionnaire that was prepared was validated by 4 validators and then tested on a limited scale to calculate the validity and reliability of each question item. The questionnaire used a Likert scale with an interval scale of 1-4. Standardization of the instrument using the KMO MSA test yielded results indicating that the 8 dimensions/indicators of students' digital literacy skills in economics subjects were highly suitable for use, as the calculated r-value for each item was greater than 0.139 (r > 0.139) and had high reliability with a Cronbach's Alpha value of 0.847, which is greater than 0.800 (0.847 > 0.800), thus demonstrating an acceptable level of consistency.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., M.Pd. ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 24820 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 00:46 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 00:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48668 |
Actions (login required)
View Item |