Analisis Tingkat Okupansi dan Preferensi Pengguna Jasa Penyeberangan Merak - Bakauheni Periode 23 - 26 Mei 2024

DENADA FITRIANI, . (2024) Analisis Tingkat Okupansi dan Preferensi Pengguna Jasa Penyeberangan Merak - Bakauheni Periode 23 - 26 Mei 2024. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER SKRIPSI - DENADA .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (948kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (884kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI -pages-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dengan 65 kapal yang beroperasi penting untuk memastikan bahwa setiap kapal dapat di isi dengan optimal. Tidak seimbangnya antara jumlah kapal yang beroperasi dengan permintaan penyeberangan akan mempengaruhi okupansi kapal, selain itu ketersediaan dan efisiensi penggunaan dermaga juga menjadi faktor penting, dermaga harus mampu menangani frekuensi kapal tanpa menimbulkan kemacetan dan keterlambatan, terutama dengan adanya dua pilihan kelas pelayanan yaitu eksekutif dan reguler. Penelitian ini menerapkan metode analisis statistik deskriptif dengan memanfaatkan model diagram radar. Melalui penggunaan diagram radar, dimensi-dimensi yang paling berpengaruh dalam membentuk preferensi responden dapat diidentifikasi.Untuk mendapatkan nilai okupansi kapal dan dermaga penyeberangan Merak – Bakuheni, perlu dihitung menggunakan rumus load factor dan rumus BOR (Berth Occupancy Ratio). Dimensi pembentuk preferensi untuk responden kelas eksekutif adalah kualitas layananan untuk kelas reguler adalah biaya perjalanan. kapal eksekutif dengan tingkat okupasni paling tinggi ada pada kapal Sebuku yaitu 88% dan paling rendah ada pada kapal JATRA III sebesar 4%. Pada kapal reguler yaitu kapal windu karsa merupakan kapal dengan tingkat okupansi paling tinggi yaitu 180% Panorama Nusantara paling rendah yaitu 6%. penggunaan dermaga eksekutif sudah mencapai 91% sehingga perlu dilakukan penambahan jumlah dermaga. tingkat okupansi kapal eksekutif dan kapal reguler tidak merata, terdapat kapal yang memiliki okupansi rendah dan ada pula kapal yang overload. dermaga eksekutif perlu dilakukan pengembangan atau penambahan dikarenakan sudah melebihi angka ideal. ***** With 65 vessels in operation it is important to ensure that each vessel is optimally occupied. The unbalance between the number of ships operating and the demand for crossings will affect ship occupancy, besides that the availability and efficient use of the pier is also an important factor, the pier must be able to handle the frequency of ships without causing congestion and delays, especially with the two service class options, namely executive and regular. The method used in this research is descriptive statistical analysis using a radar diagram model, using a radar diagram can be known the most dominating dimensions of forming respondents' preferences. To get the occupancy value of the Merak - Bakuheni crossing vessels and docks, it is necessary to calculate using the load factor formula and the BOR (Berth Occupancy Ratio) formula. The dimension of forming preferences for executive class respondents is the quality of service for the regular class is the cost of travel. executive ships with the highest occupancy rate are on Sebuku ships, namely 88% and the lowest is on JATRA III ships by 4%. regular class windu karsa ships are the highest at 180% Panorama Nusantara is the lowest at 6%. the use of the executive dock has reached 91% so it is necessary to increase the number of docks. the occupancy rate of executive ships and regular ships is uneven, there are ships that have low occupancy and some ships are overloaded. the executive dock needs to be developed or added because it has exceeded the ideal number. Key Word : Preference. Occupancy, Load Factor

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Dr. Ir Sylvira Ananda Azwar, M.Sc ; 2). Kencana Verawati, S.S.T.,M.M.Tr
Subjects: Ilmu Sosial > Transportasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Denada Fitriani .
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:02
Last Modified: 06 Aug 2024 02:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48695

Actions (login required)

View Item View Item