PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DI MEDIASI OLEH MINAT BELAJAR (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 18 JAKARTA MATA PELAJARAN EKONOMI)

AYU RIASTUTI, . (2024) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DI MEDIASI OLEH MINAT BELAJAR (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 18 JAKARTA MATA PELAJARAN EKONOMI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan infromasi dan pengetahuan berdasarkan fakta dan data yang valid, benar dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar, lingkungan belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 18 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan Maret s.d Juni 2024. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 18 Jakarta yang berjumlah 119 siswa. Penentuan sampel menggunkan teknik random sampel dan didapatkan sebesar 92 siswa menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner tertutup melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar, lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar, penerapan kurikulum merdeka belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hal lain dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa miant belajar dapat memediasi variabel penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi belajar dan variabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Lingkugan Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar ***** This research was conducted with the aim of obtaining information and knowledge based on valid, correct and trustworthy facts and data. This research was conducted to find out how much influence the implementation of the merdeka belajar curriculum, learning environment and interest in learning has on the economics learning achievement of class XI students at SMA Negeri 18 Jakarta. This research was conducted for four months starting from March to June 2024. The method used was a quantitative method with a causality cause and effect approach. The population in this study was class XI IPS students at SMA Negeri 18 Jakarta, totaling 119 students. The sample was determined using a random sampling technique and 92 students were obtained as samples in this study. The data collection technique in this research uses a survey method with a closed questionnaire via Google Form. The data used in this research is primary data for the independent variable (X) and secondary data for the dependent variable (Y). Data analysis uses path analysis techniques (Path Analysis) with IBM SPSS Statistics 27. The results of this study show that the implementation of the merdeka belajar curriculum has a positive and significant effect on interest in learning, the learning environment has a positive and significant effect on interest in learning, the implementation of the merdeka belajar curriculum has a positive and significant effect. significant effect on learning achievement, the learning environment has a significant effect on learning achievement, interest in learning has a positive and significant effect on learning achievement. Another thing that can be concluded in this research is that learning factors can mediate the variables of implementing the independent learning curriculum on learning achievement and learning environment variables on learning achievement. Keywords: Merdeka Belajar Curriculum, Learning Environment, Learning Interest, Learning Achievement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si ; 2). Aditya Pratama, S.Pd, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ayu Riastuti .
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:01
Last Modified: 06 Aug 2024 05:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48808

Actions (login required)

View Item View Item