PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 47 JAKARTA)

RODIYANAH, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS VIII DI SMP NEGERI 47 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada generasi Z dikelas VIII SMP Negeri 47 Jakarta. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran saat kegiatan belajar mengajar. Jika media pembelajaran yang digunakan menarik maka hasil belajar peserta didik akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Educaplay terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila semester genap kelas VIII SMP Negeri 47 Jakarta yang berlokasi di Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Experimental Design dengan jenis eksperimen Control Group Pretest – Posttest. Pengambilan sampel digunakan dengan Teknik Purposive Sampling. Kelas 83 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pretest dan posttest menggunakan media pembelajaran Educaplay dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran Wordwall. Instrument yang diberikan telah diuji validitas dan reliabilitasnya, untuk uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji independent t-test. Teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran menggunakan aplikasi Educaplay terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII 3 SMP Negeri 47 Jakarta. Perolehan rata-rata Posttest kelas eksperimen sebesar 84.00 dan kelas kontrol 76.80. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test dari hasil perhitungan di peroleh taraf signifikansi sebesat 0.048 signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0.048<0.05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh positif saat menggunakan media pembelajaran aplikasi Educaplay terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada Kelas VIII di SMP Negeri 47 Jakarta. Terdapat kenaikan nilai rata-rata dari pretest ke posttest. Nilai pretest 61 dan posttest 84 sehingga terdapat kenaikan 23 angka. Kata Kunci : Educaplay, Jati Diri Bangsa, dan Pendidikan Pancasila. ***** This research was motivated by the low learning outcomes of generation Z students in class VIII at SMP Negeri 47 Jakarta. One way to improve learning outcomes is by using learning media during teaching and learning activities. If the learning media used is interesting, student learning outcomes will increase. This research aims to determine the effect of Educaplay learning media on student learning outcomes in the Pancasila Education subject for the even semester of class VIII at SMP Negeri 47 Jakarta located in Central Jakarta. This research uses a quantitative method with a Experimental Design type of design with a Control Group Pretest – Posttest type of experiment. Sampling was used using the Purposive Sampling Technique. Class 83 as an experimental class was given a pretest and posttest using the Educaplay learning media and class VIII-5 as a control class used the Wordwall learning media. The instruments provided have been tested for validity and reliability, for prerequisite tests using normality and homogeneity tests. Hypothesis testing uses the independent t-test. Data analysis techniques use the IBM SPSS Statistics 25 application. The results of this research show that there is an influence of learning media using the Educaplay application on the learning outcomes of students in class VIII 3 of SMP Negeri 47 Jakarta. The average Posttest score for the experimental class was 84.00 and the control class 76.80. Data analysis using the Independent Sample t-test from the calculation results obtained a significance level of 0.048, significance smaller than 0.05 (0.048<0.05), so Ho was rejected and Ha was accepted. This means that there is a positive influence when using the Educaplay application learning media on student learning outcomes in the Pancasila Education subject in Class VIII at SMP Negeri 47 Jakarta. There was an increase in the average score from pretest to posttes. The pretest average is 61 and the posttest is 84, so there was an increase of 23 points. Keywords: Educaplay, National Identity, and Pancasila Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd. ; 2). Dr. Raharjo, M.Si
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 23052 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 00:39
Last Modified: 07 Aug 2024 00:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48818

Actions (login required)

View Item View Item