ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL

MUHAMMAD TRIANDITA RAHMATULLOH, . (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy

Abstract

Kelengkapan isi, keakuratan data dan kemudahan penggunaan dalam suatu aplikasi merupakan hal yang penting untuk memperoleh tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi Pegadaian Digital menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner menggunakan google form yang dibagikan secara online melalui platform seperti Whatsapp dan Instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Pegadaian Digital yang berusia 17 tahun keatas di DKI Jakarta diperoleh sampel sebanyak 120 responden yang dihitung menggunakan rumus Hair. Data yang diolah penelitian ini menggunakan software SPSS versi 29 dengan teknik analisis deskriptif, tabulasi sederhana dan skor rata-rata kepuasan pengguna menggunakan skala interval. Uji instrumen kuesioner menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis deskriptif menggunakan tabulasi sederhana dan skor rata-rata kepuasan pengguna didapatkan bahwa kelima dimensi termasuk dalam kategori ”Sangat Baik” dan “Puas”. Berdasarkan temuan ini, implikasi pemasaran dalam penelitian ini memberikan saran untuk PT Pegadaian supaya meningkatkan kepuasan pengguna dengan meningkatkan fitur keandalan aplikasi hingga kemudahan pelayanan kepada pengguna aplikasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna aplikasi Pegadaian Digital. ***** Completeness of content, accuracy of data and ease of use in an application are important to obtain the level of satisfaction of application users. The aim of this research is to analyze the level of satisfaction of users of the Pegadaian Digital application using the EUCS (End User Computing Satisfaction) method. Data collection was carried out using a questionnaire method using a Google form which was shared online via platforms such as Whatsapp and Instagram. The population in this study were Pegadaian Digital application users aged 17 years and over in DKI Jakarta. A sample of 120 respondents was obtained which was calculated using the Hair formula. The data processed in this research used SPSS version 29 software with descriptive analysis techniques, simple tabulation and average user satisfaction scores using an interval scale. Test the questionnaire instrument using validity and reliability tests. The results of this research are based on descriptive analysis using simple tabulation and the average user satisfaction score, it is found that the five dimensions are included in the "Very Good" and "Satisfied" categories. Based on these findings, the marketing implications in this research provide suggestions for PT Pegadaian to increase user satisfaction by improving application reliability features to ease of service to application users with the aim of providing better service to Pegadaian Digital application users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sholikhah, MM. ; 2). Dr. Terrylina Arvinta Monoarfa, SE., MM
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Muhammad Triandita Rahmatulloh .
Date Deposited: 12 Aug 2024 00:13
Last Modified: 12 Aug 2024 00:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49310

Actions (login required)

View Item View Item