HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA ANGKASA 1 HALIM PERDANAKUSUMA

ANNISA DEWIYANTI, . (2024) HUBUNGAN RESILIENSI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA ANGKASA 1 HALIM PERDANAKUSUMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara resiliensi akademik dengan hasil belajar bahasa Prancis siswa kelas X di SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Variabel bebas yang digunakan adalah resiliensi akademik (X) sedangkan variabel terikat yang digunakan ialah hasil belajar bahasa Prancis (Y). Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur resiliensi akademik dan dokumentasi nilai hasil belajar bahasa Prancis siswa kelas X dari Sumatif Semester Ganjil. Pengukuran resiliensi akademik menggunakan skala Likert. Kuesioner telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson dengan 20 item valid, sementara uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil reliabilitas tinggi, yaitu 0,807. Dengan sampel penelitian sebanyak 155 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari total siswa sebanyak 364 siswa. Untuk menghitung korelasi antara resiliensi akademik (X) dan hasil belajar bahasa Prancis (Y), digunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson yang menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,409, menunjukkan hubungan sedang antara keduanya.Selanjutnya, uji signifikansi (uji t) dilakukan dengan rumus t hitung yang menghasilkan t hitung sebesar 5,544, melebihi t tabel sebesar 1,655. Hal ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara resiliensi akademik dan hasil belajar bahasa Prancis siswa kelas X di SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma Jakarta, serta memungkinkan generalisasi hasil dari sampel ke populasi.Perhitungan koefisien determinasi dilakukan untuk mengetahui seberapa besar variabel X (resiliensi akademik) mempengaruhi variabel Y (hasil belajar), dengan koefisien determinasi sebesar 17%. *****ABSTRACT***** This study aims to determine whether or not there is the correlation academic resilience and French learning outcomes on the students of class X at SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma. This study uses a quantitative and correlational method. Data collection was done through questionnaires and documentation of Sumatif exams’s outcomes. Measurement of academic resilience variable in this study used a questionnaire and the scale used is a Likert scale. The questionnaire used for research has been tested for validity and reliability. The validity test of the questionnaire used Pearson's Product Moment correlation formula which obtained 20 valid items, while the reliability test used the Cronbach's Alpha formula with a result of 0,807 which means a very high level of reliability. The sample amounted to 155 which were taken by proportionate simple random sampling out of a total of 364 students. To calculate the correlation between variable X (academic resilience) and variable Y (French learning outcomes), this study used Pearson's Product Moment formula and obtained a correlation coefficient of 0,409 or a medium correlation degree. After calculating the correlation, the significance test (t test) was conducted using the t formula which resulted in a t count of 5,544 and a t table of 1.655. So t count (5,544) > t table (1.655) or there is a significant correlation between academic resilience and French learning outcomes on the students of class X at SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma, this means that the data from the sample taken can be generalized to the population. Finally, the coefficient of determination was conducted to determine how much variable X determines variable Y and obtained a coefficient of determination of 17%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ninuk Lustyantie, M.Pd 2) Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 25333 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2024 06:31
Last Modified: 15 Aug 2024 06:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50044

Actions (login required)

View Item View Item