SAFANA QANITA ZULFA, . (2024) EVALUASI PROGRAM INTERNSHIP PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian program internship yang telah berjalan selama ini di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta dengan prinsip MBKM. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tanggapan dari mahasiswa yang telah mengikuti program internship ke Jepang mengenai pelaksanaan program tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan penggunaan model evaluasi CIPP. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dari angkatan 2015 sampai dengan angkatan 2021. Berdasarkan hasil wawancara dengan Dosen Penanggung Jawab Program Internship Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, program internship yang telah dijalankan dapat dikatakan 80% sesuai dengan pedoman program MBKM, hanya saja mitra yang bekerjasama belum terdaftar secara legal ke dalam Program MBKM dan pengawasan yang dilaksanakan Prodi kepada mahasiswanya kurang maksimal. Sedangkan untuk hasil data kuesioner dengan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Jakarta, dapat disimpulkan bahwa program internship ke Jepang memiliki dampak yang signifikan dan positif terhadap pengembangan keterampilan dan karir mahasiswa. Program ini telah berhasil meningkatkan keterampilan berbahasa Jepang, memberikan wawasan tentang etos kerja Jepang, dan memberikan pengalaman berharga yang membantu mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan di Indonesia. Namun, beberapa aspek dari program ini masih perlu diperbaiki, terutama dalam hal pemilihan mitra, transparansi administrasi, dan kualitas pengawasan. Masalah yang dilaporkan oleh mahasiswa, seperti ketidaksesuaian bayaran dan perlakuan yang kurang baik dari beberapa perusahaan, menunjukkan bahwa evaluasi dan perbaikan terus-menerus sangat diperlukan. Kata Kunci: Evaluasi Model CIPP, Program Internship, Pendidikan Bahasa Jepang, Magang MBKM. *****ABSTRACT***** The purpose of this research is to determine the alignment of the internship program currently implemented in the Japanese Language Education Program at Jakarta State University with the principles of MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Additionally, this research aims to understand the responses of students who have participated in the internship program in Japan regarding its implementation. The research method used is qualitative descriptive with the application of the CIPP evaluation model. Data collection techniques in this research include interviews and questionnaires. The sample for this research consists of 15 individuals from the class of 2015 to the class of 2021. Based on interviews with the Program Coordinator of the Internship Program for the Japanese Language Education Department, the internship program can be said to be 80% in accordance with the MBKM program guidelines. However, the partners involved are not legally registered under the MBKM Program, and the supervision carried out by the Department towards its students is less than optimal. Meanwhile, the results from the questionnaire data with students from the Japanese Language Education Program, Faculty of Language and Arts at Jakarta State University, concluded that the internship program in Japan has a significant and positive impact on the development of students' skills and careers. The program has successfully enhanced Japanese language skills, provided insights into Japanese work ethics, and offered valuable experiences that help students secure jobs in Indonesia. However, several aspects of the program still need improvement, especially in terms of partner selection, administrative transparency, and the quality of supervision. Issues reported by students, such as discrepancies in payment and poor treatment by some companies, indicate that continuous evaluation and improvement are highly necessary. Keywords: Model CIPP Evaluation, Internship Program, Japanese Language Education, MBKM Internship.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. 2) Eva Jeniar Noverisa, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 24938 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50070 |
Actions (login required)
View Item |