PENGARUH MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DUREN SAWIT

ANADYA PUSPITA VANIA, . (2024) PENGARUH MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN DUREN SAWIT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flipbook dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD di Kecamatan Duren Sawit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B (30 siswa) sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas II C (30 siswa) sebagai kelompok eksperimen di SDN Duren Sawit 13, Jakarta Timur. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik tes untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa kelas II. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan Independent Sample t Test diperoleh taraf signifikansi sebesar 0,044, dimana 0,044 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 terima. Adapun hasil hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media flipbook terhadap kemampuan membaca permulaan kelas II sekolah dasar di kecamatan Duren Sawit. Hal ini didasarkan pada rata-rata pada saat pretest sebesar 65,83 dan rata-rata pada saat posttest sebesar 80,67.***** This study aims to determine the effect of using flipbook media in improving early reading skills in grade II elementary school students in Duren Sawit District. The research method used is quantitative method with experimental type, with Pretest-Posttest Control Group Design. The samples in this study were grade II B students (30 students) as the control group and grade II C students (30 students) as the experimental group at SDN Duren Sawit 13, East Jakarta. Sampling using Simple Random Sampling technique. Data collection used, namely test techniques to measure the beginning reading skills of grade II students. The data analysis technique to test the hypothesis using the Independent Sample t Test obtained a significance level of 0.044, where 0.044 <0.05. So it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. The result of this research hypothesis is that there is an effect of using flipbook media on the ability to read beginning grade II elementary schools in Duren Sawit sub-district. This is based on the average at the time of the pretest of 65.83 and the average at the time of the posttest of 80.67.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23085 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:28
Last Modified: 15 Aug 2024 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50074

Actions (login required)

View Item View Item