PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMKN 52 JAKARTA

ADAM RYZKI WAHYUDI, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMKN 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar sejarah di SMKN 52 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu jenis semu Quasi Experimental Design dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 52 Jakarta yang berjumlah 269 orang yang terbagi menjadi delapan kelas. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas X DPIB A sebagai kelas eksperimen dan X DPIB B sebagai kelas kontrol yang diambil dari populasi terjangkau dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes, dengan 30 soal yang diujikan untuk mengukur hasil belajar. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil t_hitung (4.198) > t_tabel (1.694). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMKN 52 jakarta. ***** This study aims to prove empirically whether there is an effect of take and give type cooperative learning model on history learning outcomes at SMKN 52 Jakarta. This research uses a quantitative approach with experimental methods. The research design used is a pseudo type of Quasi Experimental Design with the form of Non-Equivalent Control Group Design. The affordable population in this study were all grade X students of SMKN 52 Jakarta, totaling 269 people divided into eight classes. The sample of this study use d two classes, namely class X DPIB A as the experimental class and X DPIB B as the control class taken from the affordable population using Purposive Sampling technique. The instrument used was a test, with 30 questions tested to measure learning outcomes. Based on the calculation of the hypothesis test, the results obtained t_result (4.198) > t_table (1.694). The results of this research show that there is an effect of using the take and give type cooperative learning model on student history learning outcomes at SMKN 52 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M.Fakhruddin, M,Si. ; 2). Dr. Kurniawati, M,Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: adam ryzki wahyudi .
Date Deposited: 19 Aug 2024 00:06
Last Modified: 19 Aug 2024 00:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50213

Actions (login required)

View Item View Item