MODEL MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU KATA UNTUK MATERI MAF’ULAT DALAM PELAJARAN ILMU NAHWU : PENELITIAN PENGEMBANGAN DI MAS PERSATUAN ISLAM 69 MATRAMAN

AINA SALSABILA, . (2024) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU KATA UNTUK MATERI MAF’ULAT DALAM PELAJARAN ILMU NAHWU : PENELITIAN PENGEMBANGAN DI MAS PERSATUAN ISLAM 69 MATRAMAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

****ABSTRAK**** Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk model media pembelajaran berupa media permainan kartu kata untuk mengajarakan materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu, di MAS Persatuan Islam 69 Matraman. Penelitian ini dilakukan untuk membantu mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa dalam membuat kalimat bahasa Arab sesuai kaidah ilmu nahwu khususnya pada materi maf’ulat dan meningkatkan minat belajar serta pemahaman siswa pada materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan dengan 5 tahap, yaitu untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan siswa MAS Persatuan Islam 69 Matraman, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk, serta mengetahui evaluasi produk media pembelajaran permainan kartu kata untuk materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan jika siswa merasa kesulitan dalam mempelajari materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu sehingga siswa membutuhkan inovasi media pembelajaran yang menarik untuk mempelajari materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu. Hasil analisis kebutuhan terhadap 31 siswa menunjukkan bahwa 93,5% siswa merasa kesulitan dalam mempelajari materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu dan 100% siswa ingin adanya inovasi terbaru dari media pembelajaran untuk materi maf’ulat pada pelajaran nahwu. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran permainan kartu kata untuk materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu. Penilaian terhadap produk berdasarkan validasi yang dilakukan oleh para ahli. Hasil penilaian ini mendapatkan kategori "Sangat Layak" dengan persentase 96% dari ahli materi dan mendapatkan kategori "Sangat Layak" dengan persentase 94% juga dari ahli media. Serta mendapatkan kategori "Sangat Layak" dengan presentase 90,80% dari hasil evaluasi uji coba, tanggapan siswa terhadap media. Dengan demikian, produk media pembelajaran kartu kata yang telah peneliti kembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi maf’ulat dalam pelajaran ilmu nahwu. ****ABSTRACT**** This research aims to develop a learning media model product in the form of a word card game to teach maf'ulat material in Nahwu science lessons, at MAS Islamic Association 69 Matraman. This research was conducted to help overcome learning difficulties faced by students in making Arabic sentences according to the rules of Nahwu science, especially in maf'ulat material and increase students' interest in learning and understanding of maf'ulat material in Nahwu science lessons. The research method used in this research is the research and development method (R&D) using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was carried out in 5 stages, namely to find out the results of the analysis of the needs of students at MAS Islamic Association 69 Matraman, product design, product development, product implementation, and to find out the product evaluation of the word card game learning media for maf'ulat material in nahwu science lessons. Based on the research data obtained, the researcher can conclude that the results of the student needs analysis show that students find it difficult to learn maf'ulat material in nahwu science lessons so that students need innovative and interesting learning media to teach maf'ulat material in nahwu science lessons. The results of the needs analysis of 31 students show that 93,5% of students find it difficult to learn maf'ulat material in nahwu science lessons and 100% of students want the latest innovations in learning media for maf'ulat material in nahwu lessons. Therefore, it is necessary to develop learning media for word card games for maf'ulat material in nahwu science lessons. Product assessment is based on validation carried out by experts. The results of this assessment received the "Very Decent" category with a percentage of 96% from material experts and received the "Very Decent" category with a percentage of 94% also from media experts. As well as getting the "Very Decent" category with a percentage of 90,80% of the trial evaluation results, student responses to the media. Thus, the word card learning media product that researchers have developed is very deserve for use in learning maf'ulat material in nahwu science lessons.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Muhammad Kamal, M.A. ; 2) Dr. Fatwa Arifah, M.A.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 25523 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:07
Last Modified: 21 Aug 2024 05:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50420

Actions (login required)

View Item View Item