PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

NIDA CHAIRUNNISA, . (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (420kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
3. Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)

Abstract

Dalam pembelajaran biologi peserta didik dituntut untuk lebih mengerti dan memahami fakta, konsep dan teori-teori yang terdapat di dalamnya. Pemahaman konsep peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan model CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CTL terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 89 Jakarta pada bulan September sampai Oktober 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 70 peserta didik dengan masing-masing kelas sebanyak 35 peserta didik menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep. Hasil uji validasi menunjukkan soal yang valid sebanyak 30 soal dari 40 soal. Perhitungan reliabilitas menunjukkan nilai rhitung sebesar 0,846 dan termasuk kriteria sangat tinggi. Hasil uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada α = 0,05 dan didapatkan hasil signifikansi yang mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran CTL terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi keanekaragaman hayati. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran CTL terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erna Heryanti, S.Hut., M.Si. 2). Eka Putri Azrai, S,Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 788 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 00:10
Last Modified: 09 Apr 2020 00:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item