EFEKTIVITAS BALIHO DALAM MENINGKATKAN CITRA DIRI IDRIS SANDIYA SEBAGAI CALON LEGISLATIF DPR RI 2024 DAERAH PEMILIHAN JAWA BARAT IV KOTA DEPOK & BEKASI (Survei: Pada Masyarakat Bekasi Utara, Kecamatan Medan Satria)

CHALISSA LIBNA AZZAHRA, . (2024) EFEKTIVITAS BALIHO DALAM MENINGKATKAN CITRA DIRI IDRIS SANDIYA SEBAGAI CALON LEGISLATIF DPR RI 2024 DAERAH PEMILIHAN JAWA BARAT IV KOTA DEPOK & BEKASI (Survei: Pada Masyarakat Bekasi Utara, Kecamatan Medan Satria). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN DISERTASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media iklan baliho saat pemilu atau pilkada dalam upaya kampanye calon legislatif dari berbagai partai politik marak dijumpai. Penggunaan baliho dalam memproposikan seorang calon legislatif dinilai sebagai untuk menampilkan gambaran atau citra diri calon legislatif kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran efektivitas penggunaan baliho dalam meningkatkan citra diri Idris Sanadiya sebagai caleg melalui penilaian masyarakat setelah melihat baliho Idris Sandiya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif. Populasinya adalah masyarakat Bekasi Utara, Kecamatan Medan Satria dengan jumlah 93.162 penduduk. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis probability sampling dengan metode penarikan sampel propotionate stratified random sampling dan menggunakan rumus slovin dalam penentuan jumlah responden, diperoleh jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei terhadap masyarakat melalui media online dengan menyebar kuesioner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah EPIC models yang dikembangkan oleh AC Nielsen. Variabel citra diri diukur menggunakan empat (4) dimensi EPIC yaitu emphaty (empati), persuasion (persuasi), impact (dampak), dan communication (komunikasi). Data kuesioner diolah untuk memperoleh tabulasi sederhana, mean, dan pengujian menggunakan perhitungan EPIC rate. Hasil perhitungan keempat dimensi memperoleh nilai EPIC rate sebesar 3,86 dan masuk dalam skala efektif. Dengan demikian Efektivitas Baliho dalam Meningkatkan Citra Diri Idris Sandiya sebagai Caleg DPR RI 2024 Dapil Kota Depok dan Kota Bekasi Efektif. ***** The use of billboard advertising media during elections or regional elections in the campaign efforts of legislative candidates from various political parties is rampant. The use of billboards in promoting a legislative candidate is considered to present a picture or self-image of the legislative candidate to the public. This study aims to determine the measure of the effectiveness of the use of billboards in improving Idris Sanadiya's self-image as a candidate through public assessment after seeing Idris Sandiya's billboards displayed on Bekasi Raya Street. The approach used in this research is a quantitative approach with descriptive data analysis techniques. The population is the people of North Bekasi, Medan Satria District with a total of 93,162 residents. The sampling technique uses a type of probability sampling with a sampling method of propotionate stratified random sampling and uses the slovin formula in determining the number of respondents, obtained 100 respondents. The data collection technique was carried out by surveying the public through online media by distributing questionnaires. The theory used in this research is the EPIC model developed by AC Nielsen. Self-image variables are measured using four (4) EPIC dimensions, namely empathy, persuasion, impact, and communication. Questionnaire data is processed to obtain simple tabulation, mean, and testing using EPIC rate calculation. The results of the calculation of the four dimensions obtained an EPIC rate value of 3.86 and included in the effective scale. Thus, the effectiveness of billboards in improving Idris Sandiya's self-image as a candidate for the 2024 House of Representatives of Depok City and Bekasi City is effective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Wina Puspita Sari, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Chalissa Libna Azzahra .
Date Deposited: 23 Aug 2024 00:11
Last Modified: 23 Aug 2024 00:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50513

Actions (login required)

View Item View Item