HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI

RIFDA SUHAILAH, . (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SETIABUDI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
file pertama repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
Dafpus.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Lampiran (25) (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas IV sekolah dasar di kecamatan Setiabudi pada tahun 2024 dengan 106 sampel yang merupakan seluruh siswa kelas IV di SDN Guntur 01, SDN Setiabudi 01, dan SDN Karet 01. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan model penelitian sederhana hubungan variabel X dengan variabel Y. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi nilai raport pendidikan pancasila siswa. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment dan uji signifikansi korelasi (uji-t). berdasarkan perhitungan uji korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,286 dan uji-t diperoleh hasil thitung >ttabel (3,05 > 1,66). Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis altenatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (h0) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan emosional walaupun dengan tingkat derajat korelasi yang rendah. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 8,22% dimana hasil belajar pendidikan pancasila ditentukan oleh kecerdasan emosional, selebihnya sebesar 91,78% ditentukan oleh faktor lain. Oleh sebab itu, kecerdasan emosional perlu ditingkatkan dan ditanamkan pada diri siswa agar mampu meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila pada diri siswa kelas IV sekolah dasar. ***** This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and learning outcomes of Pancasila education of grade IV elementary school students in Setiabudi sub-district in 2024 with 106 samples which are all grade IV students at SDN Guntur 01, SDN Setiabudi 01, and SDN Karet 01. The research approach and methods used are quantitative approaches with correlational methods. Sampling using random sampling techniques with a simple research model of the relationship between variable X and variable Y. Data collection was carried out using questionnaires and documentation of students' Pancasila education report cards. The data were analyzed using the product moment correlation test and the correlation significance test (t-test). based on the calculation of the product moment correlation test, the r value of 0.286 was obtained and the t-test obtained the results of tcount > ttable (3.05 > 1.66). These results show that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (h0) is rejected, so it can be concluded that there is a positive relationship between emotional intelligence even with a low degree of correlation. The calculation of the coefficient of determination is obtained at 8.22% where the learning outcomes of Pancasila education are determined by emotional intelligence, the remaining 91.78% is determined by other factors. Therefore, emotional intelligence needs to be improved and instilled in students in order to improve the learning outcomes of Pancasila education in grade IV elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23204 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:08
Last Modified: 23 Aug 2024 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50548

Actions (login required)

View Item View Item